PENGARUH PENAMBAHAN JUS BUAH DALAM PEMBERIAN STANDAR MAKANAN YANG TEPAT TERHADAP TEKANAN DARAH LANSIA HIPERTENSI (Studi di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Tahun 2019)

Detail Cantuman

File (Flashdisk)

PENGARUH PENAMBAHAN JUS BUAH DALAM PEMBERIAN STANDAR MAKANAN YANG TEPAT TERHADAP TEKANAN DARAH LANSIA HIPERTENSI (Studi di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Tahun 2019)

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA IV GIZI
TAHUN 2019


ABSTRAK
SKRIPSI
EKA RUSLIANA
PENGARUH PENAMBAHAN JUS BUAH DALAM PEMBERIAN STANDAR MAKANAN YANG TEPAT TERHADAP TEKANAN DARAH LANSIA HIPERTENSI
(Studi di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Tahun 2019)
(Rijanti Abdurrachim, DCN., M.Kes)
xvi + 116 halaman: 22 tabel: 5 Gambar: 11 lampiran

Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyakit yang menjadi perhatian khusus masyarakat. Salah satu penyakit kardiovaskular yang memiliki prevalensi tinggi adalah hipertensi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan jus buah dalam pemberian makanan yang tepat terhadap tekanan darah lansia hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera tahun 2019.
Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan desain Pretest-Posttest with Control Group. Jumlah subjek penelitian 32 penderita hipertensi yang memiliki tekanan darah ≥140/90 mmHg. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan dosis 100 gram semangka dan 100 gram mentimun selama 7 hari.
Hasil uji statistic pada kelompok perlakuan menunjukkan ada perbedaan tekanan darah sistolik sebelum dan sesudah intervensi, tidak ada perbedaan tekanan darah diastolik sebelum dan sesudah intervensi. Sementara itu, pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan tekanan darah sebelum dan sesudah intervensi. Tidak ada perbedaan tekanan darah sistolik sebelum intervensi antara kelompok perlakuan dan kelompok, sementara itu, ada perbedaan tekanan darah sistolik sesudah intervensi antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Tidak ada perbedaan tekanan darah diastolik sebelum maupun sesudah intervensi antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Ada pengaruh penambahan jus buah dalam pemberian standar makanan yang tepat terhadap tekanan darah lansia hipertensi, sehingga dapat menjadi referensi tambahan kepada instansi terkait agar menambahkan asupan kalium berupa pemberian jus buah kepada lansia.

Kata kunci : hipertensi, tekanan darah, semangka, mentimun
Kepustakaan : 89 buah (2005-2018)


Detail Information

Item Type
Penulis
EKA RUSLIANA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Publish
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Publish
Subyek
No Panggil
616.462/Rus/p
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail