FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA REMAJA DI SMP NEGERI 2 BANJARBARU

Detail Cantuman

File (Flashdisk)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA REMAJA DI SMP NEGERI 2 BANJARBARU

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA IV
GIZI
TAHUN 2019
ABSTRAK
Skripsi
AZIZAH FITRIAH RAHMAH
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA REMAJA DI SMP NEGERI 2 BANJARBARU
(Rahmani, STP, MP)
xii + 109 halaman + 17 tabel + 3 gambar + 11 lampiran

Mengonsumsi sayur dan buah merupakan salah satu syarat dalam memenuhi menu gizi seimbang. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, rata-rata 93,5% kelompok usia ≥ 10 tahun kurang mengonsumsi sayur dan buah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi sayur dan buah pada remaja di SMP Negeri 2 Banjarbaru.
Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan bangan penelitian cross sectional. Populasi dari penelitian ini siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Banjarbaru dengan jumlah sampel 85 responden yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengambilan data konsumsi sayur dan buah menggunakan metode Semiquantitatif Food Frequency Quesionnaires. Data faktor-faktor diperoleh dengan cara membagikan kuesioner, variabel yang diteliti dianalisis menggunakan uji Rank Spearman dengan tingkat kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mengkonsumsi sayur dan buah yang kurang yaitu 75,3%. Sedangkan responden yang mengonsumsi sayur dan buah yang cukup hanya 24,7%. Terdapat hubungan antara pendapatan keluarga (p=0,011) dan ketersediaan sayur dan buah di rumah (p=0,034) dengan konsumsi sayur dan buah. Sedangkan untuk variabel pengetahuan, pengaruh teman sebaya, dan keterpaparan media tidak terdapat hubungan yang bermakna dengan konsumsi sayur dan buah.
Disarankan kepada institusi pendidikan agar di sekolah terdapat buah-buahan dan sayuran yang dijual disekolah, kepada responden untuk mengonsumsi sayur dan buah sesuai dengan kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari, kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian dengan variabel lain.

Kata Kunci : Pengetahuan, pendapatan keluarga, ketersediaan sayur dan buah di rumah, pengaruh teman sebaya dan keterpaparan media
Kepustakaan : 86 (1993-2017)


Detail Information

Item Type
Penulis
Azizah Fitriah Rahmah - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Publish
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Publish
Subyek
No Panggil
641.1/Rah/f
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail