HUBUNGAN SISTEM PELAYANAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN PADA INSTALASI UNIT TRANSFUSI DARAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ULIN BANJARMASIN

Detail Cantuman

CD-ROM

HUBUNGAN SISTEM PELAYANAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN PADA INSTALASI UNIT TRANSFUSI DARAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ULIN BANJARMASIN

XML

ABSTRAK

HUBUNGAN SISTEM PELAYANAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN
PADA INSTALASI UNIT TRANSFUSI DARAH RUMAH SAKIT UMUM

DAERAH ULIN BANJARMASIN

Peneliti : Taufik Rahman
Pembimbing : Aima Insana, Wahdah Norsiah

Sistem pelayanan yang baik dapat berdampak langsung pada kualitas pelayanan
yang diberikan. Dengan memiliki sistem pelayanan yang efisien dan efektif,
organisasi dapat mengoptimalkan proses pelayanan, mengurangi kesalahan,
meningkatkan responsivitas, dan menyediakan pengalaman yang positif bagi
pelanggan. Dalam sistem pelayanan yang baik, setiap tahap pelayanan diatur
dengan baik, mulai dari interaksi awal dengan pelanggan hingga penyelesaian
masalah atau kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, sistem pelayanan yang
baik dapat meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menganalisa hubungan antara sistem pelayanan dengan kualitas
pelayanan pada Instalasi Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah Ulin
Banjarmasin dan mengetahui tinkgat korelasi serta arah hubungannya. Jenis
penelitian ini adalah survey analitik dengan metode cross sectional. Populasi
penelitian adalah seluruh pelanggan yang mendapat pelayanan di Instalasi Unit
Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin dengan didapat
sampel sebanyak 85 responden. Kuesioner diberikan kepada masyarakat yang
memenuhi syarat dan telah mendapatkan pelayanan. Uji statistik yang digunakan
adalah rank spearman. Hasil analisis menunjukkan variabel sistem pelayanan
memiliki hubungan yang signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan nilai sig
0,001 < 0,005. Koefisien korelasi didapat 0,401 yang menunjukkan korelasi yang
cukup kuat dengan arah postif. Hal ini menunjukkan bahwa jika sistem pelayanan
meningkat, maka kualitas pelayanan juga akan ikut meningkat. Begitu juga
sebaliknya, jika sistem pelayanan menurun, maka kualitas pelayanan juga akan
menurun. Disarankan kepada pihak Instalasi Unit Transfusi Darah Rumah Sakit
Umum Daerah Ulin Banjarmasin lebih meningkatkan kembali sistem pelayanan
yaitu dari segi kemudahan prosedur dan metode, keterampilan personal, kondisi
saranan dan prasarana serta masyarakat itu sendiri.

Kata kunci: sistem pelayanan, kualitas pelayanan, unit transfusi darah

x
ABSTRACT

THE RELATIONSHIP OF THE SERVICE SYSTEM WITH THE
QUALITY OF SERVICE IN THE INSTALLATION OF THE BLOOD
TRANSFUSION UNIT OF THE ULIN REGIONAL GENERAL HOSPITAL

BANJARMASIN

Author: Taufik Rahman
Advisers: Aima Insana, Wahdah Norsiah

A good service system can have a direct impact on the quality of services
provided. By having an efficient and effective service system, organizations can
optimize service processes, reduce errors, increase responsiveness, and provide a
positive experience for customers. In a good service system, each stage of service
is well organized, starting from the initial interaction with customers to solving
customer problems or needs. Thus, a good service system can improve the overall
quality of service. The aim of this research is to analyze the relationship between
the service system and the quality of service at the Blood Transfusion Unit
Installation at the Ulin Banjarmasin Regional General Hospital and determine the
level of correlation and direction of the relationship. This type of research is an
analytical survey with a cross sectional method. The research population was all
customers who received services at the Blood Transfusion Unit Installation at the
Ulin Banjarmasin Regional General Hospital with a sample of 85 respondents.
Questionnaires are given to people who meet the requirements and have received
services. The statistical test used is Spearman rank. The results of the analysis
show that the service system variable has a significant relationship to service
quality with a sig value of 0.001 < 0.005. The correlation coefficient was obtained
at 0.401, which shows a fairly strong correlation in a positive direction. This
shows that if the service system improves, the quality of service will also increase.
Likewise, if the service system declines, the quality of service will also decline. It
is recommended that the Blood Transfusion Unit Installation at the Ulin
Banjarmasin Regional General Hospital further improve the service system,
namely in terms of ease of procedures and methods, personal skills, condition of
facilities and infrastructure as well as the community itself.

Keywords: service system, quality of service, blood transfusion unit


Detail Information

Item Type
Penulis
Taufik Rahman - Personal Name
Aima Insana - Personal Name
Wahdah Norsiah, M.Si - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Jurusan Analis Kesehatan : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
033J SKP AJ TLM/ 2024
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail