EFEKTIFITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN VIDEO DALAM PERUBAHAN PERILAKU PENJAMAH MAKANAN DI KANTIN SMP NEGERI 11 BANJARMASIN

Detail Cantuman

CD-ROM

EFEKTIFITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN VIDEO DALAM PERUBAHAN PERILAKU PENJAMAH MAKANAN DI KANTIN SMP NEGERI 11 BANJARMASIN

XML

ABSTRAK
SKRIPSI YENITA ISTIANI
“EFEKTIFITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN VIDEO DALAM PERUBAHAN PERILAKU PENJAMAH MAKANAN DI KANTIN SMP NEGERI 11 BANJARMASIN”
Dr. ISNAWATI, S.KM, M.Kes, RAHMAWATI, S.KM, M.Kes
xv + 52 halaman ; 8 tabel ; 2 gambar ; 14 lampiran

Kantin sekolah merupakan salah satu unit penyedia makanan yang berperan penting dalam pemenuhan gizi setiap hari sehingga sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan anak sekolah tersebut. Perilaku yang mendukung higienitas merupakan tanggung jawab profesi dari seorang penjamah makanan. Hal ini diperlukan untuk menjaga produk makanan dari penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penyuluhan dengan menggunakan video dalam merubah perilaku penjamah makanan di kantin SMP Negeri 11 Banjarmasin.
Penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Penelitian dilakukan selama 7 hari. sampel menggunakan metode teknik total sampling dengan jumlah penjamah makanan adalah 10 orang. Penelitian ini memakai uji non parametrik yaitu Uji Wilcoxon Matched Pairs untuk membandingkan rata – rata perilaku dari dua kelompok. Penelitian dianggap efektif jika hasil skor rata-rata sesudah pemberian intervensi lebih besar dari hasil skor rata-rata sebelum pemberian intervensi dan memiliki nila p-value < 0,005.
Hasil Penelitian ini ada peningkatan pengetahuan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah diberikan penyuluhan menggunakan video yaitu p-value 0,025 < 0,05, sedangkan penilaian sikap tidak ada perubahan antara hasil pretest dan posttest diberikan penyuluhan menggunakan video terhadap penjamah makanan yaitu p-value 1,000>0.05. Nilai perilaku yang tidak ada perubahan antara hasil pretest dan posttest diberikan penyuluhan menggunakan video terhadap penjamah makanan yaitu p- value 1,000>0,05.
Berdasarkan uji Wilcoxon penyuluhan menggunakan video efektif terhadap peningkatan pengetahuan, namun tidak ada perubahan sikap dan perilaku penjamah makanan di kantin SMP Negeri 11 Banjarmasin. Diharapkan penjamah makanan tetap menjalankan personal hygiene dan penelitian ini dapat menjadi acuan untuk perkembangan penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Penjamah Makanan, Video, Kantin
Kepustakaan 48 (2015-2023)


Detail Information

Item Type
Penulis
Rahmawati, S.KM, M.Kes - Personal Name
Dr. Isnawati, S.KM, M.Kes - Personal Name
YENITA ISTIANI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
14J /KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail