EFEKTIVITAS ARANG KULIT UBI JALAR UNGU (Ipomoea Batatas L. Poir) DALAM MENURUNKAN KADAR ZAT BESI (Fe) PADA AIR SUMUR BOR

Detail Cantuman

CD-ROM

EFEKTIVITAS ARANG KULIT UBI JALAR UNGU (Ipomoea Batatas L. Poir) DALAM MENURUNKAN KADAR ZAT BESI (Fe) PADA AIR SUMUR BOR

XML

ABSTRAK

SKRIPSI
SINTYA ADHA NIRWANA
EFEKTIVITAS ARANG KULIT UBI JALAR UNGU
(Ipomoea Batatas L. Poir) DALAM MENURUNKAN KADAR ZAT BESI (Fe) PADA AIR SUMUR BOR
(Dr. Tien Zubaidah, S. KM, M. KL dan Ir. Sulaiman Hamzani, S. T., M. T)
xiv + 58 Halaman; 16 Tabel; 6 Gambar; 9 Lampiran
Kandungan zat besi biasanya terdapat pada air tanah yang digunakan oleh manusia untuk kegiatan sehari-hari, akan tetapi kualitas air yang tidak sesuai dengan harapan menimbulkan beberapa masalah bagi penggunanya. Salah satu pengolahan air untuk menurunkan kandungan zat besi dengan pemanfaatan sampah kulit ubi jalar ungu yang dijadikan arang aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas arang aktif kulit ubi jalar ungu dalam menurunkan kadar zat besi pada air sumur bor.
Penelitian ini adalah eksperimen murni dengan posttest-only control group design, dengan 6 variasi dosis arang aktif dan 3 kali pengulangan. Sampel penelitian ini air sumur bor yang berada di Desa Tambak Danau Kabupaten Banjar dengan teknik Integrated Sampling yaitu sampel diambil dari beberapa sumur.
Analisis kadar zat besi dengan uji Kruskkal-Wallis dan dilanjutkan uji Mann Whitney didapatkan nilai Asymp. Sig. (2- tailed) <α (0,05) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kontrol dan dosisi 50 gram, sedangkan nilai Asymp. Sig. (2- tailed) > α (0,05) artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara dosis 10 gram, 20 gram, 30 gram, 40 gram. Arang kulit ubi jalar dapat dimanfaatkan untuk pengolahan air bersih dalam menurunkan kadar zat besi. Pada peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah dosis arang kulit ubi jalar ungu agar dapat menurunkan kadar zat besi lebih tinggi.

Kata kunci : Arang Kulit Ubi Jalar Ungu, Kadar Zat Besi, Air Sumur Bor
Kepustakaan : 32 (1995-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
Sintya Adha Nirwana - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
42/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail