EFEKTIVITAS LARUTAN DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius) DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEPADATAN LALAT (Studi pada Peternak Ayam X Desa Sungai Pandan Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara)

Detail Cantuman

CD-ROM

EFEKTIVITAS LARUTAN DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius) DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEPADATAN LALAT (Studi pada Peternak Ayam X Desa Sungai Pandan Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara)

XML

ABSTRAK

SKRIPSI RISKA YUSNELLA
EFEKTIVITAS LARUTAN DAUN PANDAN WANGI
(Pandanus amaryllifolius) DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEPADATAN LALAT (Studi pada Peternak Ayam X Desa Sungai Pandan Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara)
(Dr. Tien Zubaidah, S.KM, M.KL dan Noraida, S.KM, M.Kes)
XII + 60 halaman; 9 tabel; 9 gambar; 9 lampiran

Peternakan ayam yang berada di permukiman penduduk menimbulkan adanya bau kotoran ayam yang sangat menyengat dan mengundang banyak lalat di permukiman dekat peternakan. Upaya pengendalian kepadatan lalat menggunakan insektisida alami yaitu daun pandan wangi (Pandanus amarillyfolius) karena mengandung insektisida berupa saponin, flavonoid, dan minyak atsiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas larutan daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) dalam menurunkan tingkat kepadatan lalat di tempat peternak ayam X Desa Sungai Pandan Hilir.
Jenis penelitian yang digunakan bersifat quasi ekperiment dengan rancangan Post-Test Only Control Group Design dengan 4 kali pengulangan menggunakan kontrol, konsentrasi 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50%.
Hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan ada perbedaan antar kelompok konsentrasi yaitu 40% dan 50%. Berdasarkan uji korelasi diketahui bahwa efektivitas larutan daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) dalam menurunkan tingkat kepadatan lalat sebesar kurang lebih 50 persen.
Saran bagi masyarakat, khususnya pemilik tempat peternak ayam mampu mengaplikasikan larutan daun pandan wangi (Pandanus amarillyfolius) dalam menurunkan tingkat kepadatan lalat di tempat peternak ayam pada konsentrasi 40% dan 50%.

Kata Kunci : Efektivitas, Daun pandan wangi (Pandanus amarillyfolius), Kepadatan Lalat, Peternak Ayam


Detail Information

Item Type
Penulis
Noraida, S.KM, M.Kes - Personal Name
Dr. Tien Zubaidah, S.KM, M.KL - Personal Name
RISKA YUSNELLA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
37/SKP-KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail