HUBUNGAN SANITASI DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PADA TEMPAT PANGKAS RAMBUT

Detail Cantuman

CD-ROM

HUBUNGAN SANITASI DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PADA TEMPAT PANGKAS RAMBUT

XML

ABSTRAK
SKRIPSI
RIZQI RAHMATUNNISA
HUBUNGAN SANITASI DENGAN KEPUASAN
PELANGGAN PADA TEMPAT PANGKAS RAMBUT
(H. Imam Santoso, S.KM., M.Kes dan Erminawati, S.Pd., M.Pd)
xiv + 65 halaman ; 13 tabel ; 4 gambar ; 13 lampiran

Pangkas rambut merupakan tempat yang bergerak dibidang jasa yaitu menyediakan jasa memotong rambut. Kelurahan Kemuning merupakan salah satu lokasi yang banyak dapat ditemukan usaha pangkas rambut. Tempat pangkas rambut merupakan tempat umum yang masih minim pengawasan pada kondisi sanitasinya. Kondisi sanitasi yang kurang baik berpotensi terjadinya penularan penyakit bagi pelanggan, tukang cukur dan masyarakat. Kondisi sanitasi yang masih buruk ini menimbulkan ketidaknyamanan yang dapat dirasakan pelanggan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sanitasi dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bersifat observasional dengan desain Cross Sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 tempat pangkas rambut yang berada di Kelurahan Kemuning. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, pengukuran dan wawancara.
Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan antara sanitasi dengan kepuasan pelanggan didapatkan pada kesehatan lingkungan dan bangunan (p = 0,002 < α = 0,05), fasilitas sanitasi (p = 0,004 < α = 0,05) dan alat kerja & bahan (p = 0,026 < α = 0,05) pada tempat pangkas rambut.
Diharapkan agar pemilik tempat pangkas rambut memperhatikan kembali mengenai kesehatan lingkungan bangunan, menyediakan fasilitas sanitasi dengan jumlah yang cukup serta menjaga kebersihan alat kerja seperti sisir, gunting dan mesin cukur dan menambah pengetahuan mengenai bahan untuk mendesinfeksi peralatan kerja yang digunakan. Beno oni pipop

Kata kunci : Sanitasi, Kepuasan Pelanggan, Pangkas Rambut
Kepustakaan : 64 (1987 – 2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
H. Imam Santoso, S.KM., M.Kes - Personal Name
Erminawati, S.Pd., M.Pd - Personal Name
RIZQI RAHMATUNNISA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
40/SKP-KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail