VARIASI WARNA PERANGKAP LALAT DARI BOTOL PLASTIK BEKAS KEMASAN AIR MINERAL TERHADAP JUMLAH LALAT YANG TERPERANGKAP

Detail Cantuman

CD-ROM

VARIASI WARNA PERANGKAP LALAT DARI BOTOL PLASTIK BEKAS KEMASAN AIR MINERAL TERHADAP JUMLAH LALAT YANG TERPERANGKAP

XML

ABSTRAK

SKRIPSI

ANNISA DAILY FITRIA
VARIASI WARNA PERANGKAP LALAT DARI BOTOL PLASTIK BEKAS KEMASAN AIR MINERAL TERHADAP JUMLAH LALAT YANG TERPERANGKAP
(Dr. Tien Zubaidah, S.KM, M.KL dan Dr. Abdul Khair, S.KM, M.Si)
xiv + 64 halaman; 9 gambar; 10 tabel + 12 lampiran

Lalat merupakan salah satu hewan pengganggu yang menjadi hama bagi manusia. Ada berbagai macam pengendalian vektor lalat baik secara fisik, kimiawi dan biologis. Pengendalian secara fisik seperti pembuatan perangkap adalah upaya pengendalian secara alamai, murah dan ramah lingkungan. Warna merupakan suatu upaya pengendalian serangga hama secara alternatif. Ketertarikan serangga terhadap warna adalah salah satu cara adaptasi serangga di alam. Atraktan juga memiliki daya tarik terhadap serangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah lalat yang terperangkap berdasarkan variasi warna perangkap lalat.
Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan penelitian One-Shot Case Study yaitu membedakan warna perangkap lalat dengan atraktan yang sama terhadap jumlah lalat yang terperangkap. Variasi warna perangkap yaitu biru, putih, kuning, merah, dan hijau. Analisis data menggunakan uji statistik Kruskal Wallis dengan α=0,05.
Hasil rata-rata jumlah lalat yang terperangkap pada perangkap warna biru sebanyak 21 ekor, perangkap warna putih sebanyak 33 ekor, perangkap warna kuning sebanyak 59 ekor, perangkap warna merah sebanyak 27 ekor, dan perangkap warna hijau sebanyak 36 ekor. Dengan suhu lapangan 25,2℃-34,7℃ dan kelembapan lapangan 70-88 persen. Hasil uji statistik Kruskal Wallis ada perbedaan yang signifikan dari lima jenis warna perangkap dengan nilai p (0,000) < α (0,05).
Bagi masyarakat diharapkan dapat melakukan pembuatan perangkap lalat berwarna kuning secara sederhana untuk mengurangi populasi lalat yang ada di sekitar rumah karena bahan yang digunakan relatif mudah untuk ditemukan dan perangkap lalat dapat dibuat dengan botol plastik bekas kemasan air mineral.

Kata Kunci : Warna Perangkap, Atraktan, Vektor, Lalat
Kepustakaan : 39 (1991-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
06/SKP-KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail