EFEKTIVITAS LARUTAN LIMAU KUIT (Citrus amblycarpa) DALAM PERBAIKAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS PADA PERALATAN MAKAN

Detail Cantuman

CD-ROM

EFEKTIVITAS LARUTAN LIMAU KUIT (Citrus amblycarpa) DALAM PERBAIKAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS PADA PERALATAN MAKAN

XML

ABSTRAK
SKRIPSI
FARIDAH
EFEKTIVITAS LARUTAN LIMAU KUIT (Citrus amblycarpa) DALAM PERBAIKAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS PADA PERALATAN MAKAN
Dr. ISNAWATI, S.KM, M.Kes., NORAIDA, S.KM, M.Kes
xv + 54 halaman; 11 tabel; 5 gambar; 13 lampiran

Berdasarkan hasil penelitian peralatan makan yang tidak memenuhi syarat kualitas kebersihan secara bakteriologis karena tidak dilakukannya proses desinfeksi. Proses pencucian peralatan makan harus melalui proses desinfeksi untuk meningkatkan mutu kebersihan pada peralatan makan dengan menggunakan bahan kimia dan alami. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan yaitu limau kuit untuk desinfeksi karena mempunyai kandungan senyawa seperti alkaloid, tanin, steroid, triterpenoid, saponin dan flavonoid. Senyawa yang dimiliki limau kuit mempunyai sifat antibakteri dengan cara merusak membran sel.
Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas larutan limau kuit (Citrus amblycarpa) dalam perbaikan kualitas bakteriologis pada peralatan makan. Penelitian ini bersifat eksperimen, desain Posttest Only Control Group Design. Sebanyak 24 sampel usap alat makan (piring). Pengumpulan data diperoleh dari hasil pemeriksaan angka kuman dan Escherichia coli. Analisis data angka kuman menggunakan Kruskal Wallis. Sedangkan Escherichia coli tidak bisa diuji karena semua sampel negatif.
Hasil penelitian menunjukkan pada alat makan (piring) sebelum perlakuan tidak mengandung Escherichia coli. Sedangkan jumlah angka kuman setelah dilakukan perlakuan desinfeksi pada alat makan dengan pengambilan sampel usap alat makan (piring) berkisar antara 1 koloni/cm2 – 33 koloni/cm2. Larutan limau tidak efektif dalam menurunkan jumlah angka kuman.
Disarankan pengelola warung menggunakan air mengalir dan menyediakan tempat penirisan serta penyimpanan peralatan makan yang tertutup. Peneliti selanjutnya dapat melakukan uji laboratorium terlebih dulu untuk membuktikan pengaruh limau kuit terhadap Escherichia coli dan melakukan perlakuan kontrol sebelum perlakuan konsentrasi.
Kata Kunci : Larutan Limau Kuit, Desinfeksi
Kepustakaan : 39 (1965 – 2022) 


Detail Information

Item Type
Penulis
FARIDAH - Personal Name
Dr. Isnawati, S.KM, M.Kes - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
10/SKP/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail