KONDISI SANITASI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR NEGERI 4 BARIKIN KECAMATAN HARUYAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH TAHUN 2023

Detail Cantuman

CD-ROM

KONDISI SANITASI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR NEGERI 4 BARIKIN KECAMATAN HARUYAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH TAHUN 2023

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
SAMAN AKMAL RIDANI
KONDISI SANITASI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR NEGERI 4 BARIKIN KECAMATAN HARUYAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
(Noraida, S.KM, M.Kes dan Dr Tien Zubaidah, S.KM. M.KL)
xiii + 59 halaman, 8 tabel, 22 gambar, 7 lampiran

Sekolah dan lingkungannya yang sehat sangat mendukung bagi siswa dan siswi untuk meningkatkan kulitas belajar. Fasilitas sekolah sangat penting, apabila fasilitas sekolah kurang memenuhi syarat sekolah sehat maka penularan penyakit dapat menyerang masyarakat sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kondisi Sanitasi Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 4 Barikin Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun 2023.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan desain observasional. Populasi penelitian ini adalah semua kondisi sanitasi lingkungan Sekolah Dasar Negeri 4 Barikin, untuk sampel penelitian menggunakan metode sampling jenuh atau sensus, sehingga dalam penelitian ini tidak menggunkan sampel di karenakan semua populasi yang diukur/diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sanitasi lingkungan Sekolah Dasar Negeri 4 Barikin Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah tahun 2023, dikategorikan Kurang Sehat dengan nilai skor 2.015. Pada variabel diamati yaitu kebersihan, kerapian, ventilasi, pencahayaan ruangan dengan kategori tidak memenuhi syarat, kebersihan, ventilasi, pencahayaan dan kelengkapan WC/KM dengan kategori tidak memenuhi syarat, konstruksi bangunan tidak memenuhi syarat dan pembinaan lingkungan tidak memenuhi syarat.
Kondisi sanitasi di Sekolah Dasar Negeri 4 Barikin mendapatkan hasil inspeksi dengan kategori kurang sehat. Di harapkan kepada pihak sekolah untuk lebih memperhatikan kondisi sekolah agar mendapatkan lingkungan yang lebih sehat karena sangat mendukung bagi siswa dan siswi untuk meningkatkan prestasi.

Kata kunci : Tempat-tempat umum, Fasilitas Sekolah, Sanitasi
Kepustakaan : 17 (1992-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
SAMAN AKMAL RIDANI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
81/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail