GAMBARAN KEJADIAN PENYAKIT SKABIES DAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG LUAS TAHUN 2022

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN KEJADIAN PENYAKIT SKABIES DAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG LUAS TAHUN 2022

XML

ABSTRAK


KARYA TULIS ILMIAH NANDA AMELIA PUTRI
“GAMBARAN KEJADIAN PENYAKIT SKABIES
DAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH
DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG LUAS TAHUN 2022”
(Dr. Abdul Khair, S.KM, M.Si ; Noraida, S.KM, M.Kes)
xv + 57 Halaman ; 5 Tabel ; 10 Gambar ; 10 Lampiran


Skabies merupakan penyakit pada kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabies. Menurut World Health Organitation (WHO) pada tahun 2018 jumlah penderita skabies di dunia sekitar 300 juta setiap tahun dengan angka yang bervariasi di setiap negara. Data Provinsi Kalimantan Selatan penyakit skabies menempati urutan keenam dari sepuluh penyakit. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut tahun 2020 terdapat 489 kejadian penyakit skabies di beberapa wilayah kerja Puskesmas di Kabupaten Tanah Laut. Kejadian penyakit skabies dari tahun 2020 ke 2021 pada wilayah kerja Puskesmas Padang Luas meningkat, di tahun 2020 jumlah kejadian penyakit skabies sebanyak 20 kunjungan pasien dan terjadi peningkatan pada tahun 2021 menjadi 76 kunjungan pasien.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kejadian penyakit skabies dan ketersediaan air bersih di wilayah kerja Puskesmas Padang Luas Kabupaten Tanah Laut tahun 2022, menggunakan desain secara case series dengan pengambilan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan cara mengundi anggota populasi dengan menggunakan rumus Lemeshow didapatkan berjumlah 26 kepala keluarga penderita penyakit skabies yang berobat di wilayah kerja Puskesmas Padang Luas Tahun 2022.
Hasil penelitian yaitu kejadian penyakit skabies yang berumur 5-<15 tahun (anak-anak) sebanyak 19 kasus (50%), kejadian penyakit skabies menurut jenis kelamin laki-laki sebanyak 22 kasus (57,8%), kejadian penyakit skabies menurut jenis pekerjaan pelajar sebanyak 21 kasus (55,3%), kejadian penyakit skabies terbanyak berada di Desa Sungai Bakau sebanyak 7 kasus (25,9%), kejadian penyakit skabies menurut interval waktu bulanan pada bulan April sebanyak 9 kasus (23,6%), dan kejadian penyakit skabies menurut sanitasi terbanyak adalah sumur gali sebanyak 21 kepala keluarga (77,7%).
Puskesmas Padang Luas agar lebih meingkatkan pelayanan promosi kesehatan secara berkala tentang sanitasi lingkungan dan sarana air bersih yang digunakan masyarakat sehari-hari dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan atau memakai sarana kesehatan yang ada.


Kata Kunci : Skabies, air bersih.
Kepustakaan : 22 (2012-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
NANDA AMELIA PUTRI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
66/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail