GAMBARAN PENDERITA ISPA DI PERMUKIMAN SEKITAR PERTAMBANGAN BATUBARA (STUDI KASUS DESA DAHAI KABUPATEN BALANGAN) TAHUN 2022

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN PENDERITA ISPA DI PERMUKIMAN SEKITAR PERTAMBANGAN BATUBARA (STUDI KASUS DESA DAHAI KABUPATEN BALANGAN) TAHUN 2022

XML

ABSTRAK


KARYA TULIS ILMIAH IHYA MAULIDA
“GAMBARAN PENDERITA ISPA
DI PERMUKIMAN SEKITAR PERTAMBANGAN BATUBARA TAHUN 2022
(STUDI KASUS DESA DAHAI KABUPATEN BALANGAN)”
(Dr. Abdul Khair, S.KM, M.Si ; Noraida, S.KM, M.Kes)
Xiv + 50 Halaman ; 4 Tabel ; 10 Gambar ; 8 Lampiran


Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah salah satu penyakit yang mengiritasi saluran pernapasan akibat adanya cemaran udara. Menurut World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa ISPA menempati peringkat keempat penyebab global tertinggi kematian di seluruh dunia. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan penyakit ISPA merupakan penyakit diurutan pertama dari 20 penyakit terbanyak di Kabupaten Balangan dengan data yang tercatat pada tahun 2019 sebanyak 12.693 penderita. Kabupaten Balangan menjadi daerah dengan potensi pertambangan batu bara besar di Kalimantan Selatan. Sesuai peraturan daerah Kabupaten Balangan nomor 24 tahun 2013-2032 dimana potensi kawasan untuk pertambangan batubara mencapai 77.455 Ha.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran penderita ISPA di permukiman sekitar pertambangan batubara PT. Adaro (studi kasus Desa Dahai Kabupaten Balangan) tahun 2022 menggunakan desain case series dengan pengambilan sampel adalah seluruh penderita ISPA di Desa Dahai yang tercatat di Puskesmas Paringin Kota Tahun 2022. Peneliti mengambil sampel penderita ISPA sebanyak 53 sampel.
Hasil penelitian yaitu penderita ISPA yang berumur 25 - < 45 tahun (dewasa) sebanyak 16 penderita (30,18%), penderita ISPA menurut jenis kelamin perempuan sebanyak 37 orang (70%), penderita ISPA berdasarkan jenis pekerjaan yang bekerja outdoor sebanyak 18 orang (47.36%), penderita ISPA berdasarkan tempat tinggal dengan jarak 6-15 meter dari rumah ke jalan raya sebanyak 32 orang (60,37%), penderita ISPA berdasarkan tempat tinggal dari rumah ke pertambangan batubara sebanyak 30 orang (56,60%), penderita ISPA terbanyak bulan Agustus sebanyak 18 orang (33,9%), dan penderita ISPA dengan jumlah jam bekerja 7-8 jam sebanyak 16 orang (42,10%).
Puskesmas Paringin Kota atau Puskesmas Pembantu Desa Dahai agar lebih meningkatkan pelayanan promosi kesehatan secara berkala tentang sanitasi lingkungan dan PHBS juga rutin melakukan kunjungan ke wilayah kerja puskesmas untuk melihat kondisi lingkungannya serta pemberian materi sanitasi lingkungan terkait penyakit ISPA atau yang berhubungan dengan air borne disease sehingga angka kesakitan penyakit ISPA dapat menurun.

Kata Kunci : ISPA, tambang, batubara, Dahai
Kepustakaan : 40 (2013-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
IHYA MAULIDA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
31/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail