IDENTIFIKASI RISIKO FAKTOR ERGONOMI INDUSTRI KELAPA SAWIT PT HASNUR CITRA TERPADU TAHUN 2023 (Studi pada stasiun grading)

Detail Cantuman

CD-ROM

IDENTIFIKASI RISIKO FAKTOR ERGONOMI INDUSTRI KELAPA SAWIT PT HASNUR CITRA TERPADU TAHUN 2023 (Studi pada stasiun grading)

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
Amalia Azizah
IDENTIFIKASI RISIKO FAKTOR ERGONOMI DI INDUSTRI KELAPA SAWIT PT HASNUR CITRA TERPADU TAHUN 2023 (Studi pada stasiun grading) (Dr. Tien Zubaidah, S.KM., M.KL; Arifin, S.KM, M.Kes)
xiv + 61 halaman; 15 tabel; 13 gambar; 7 lampiran
Perlindungan kesehatan di tempat kerja meliputi peningkatan ergonomi merupakan tindakan preventif agar pekerja dapat bekerja dengan nyaman dan terhindar dari penyakit akibat kerja. PT Hasnur Citra Terpadu salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit. Stasiun grading adalah proses pembongkaran dan penyortiran TBS sesuai dengan kriteria dan standar grading yang telah ditentukan. Pada stasiun grading terjadi postur janggal yang diakibatkan dari postur kerja yang salah sehingga berpotensi terjadi risiko ergonomi. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui faktor risiko ergonomi di industri kelapa sawit PT Hasnur Citra Terpadu tahun 2023. Penelitian ini berupa penelitian observasional deskriptif. Variabel penelitian ini yaitu, usia, tingkat pendidikan, masa kerja dan postur kerja. Sampel mencakup seluruh total populasi yaitu sebanyak 8 orang pekerja grading. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi menggunakan metode REBA dan kuesioner. Setelah melakukan penelitian didapatkan (50%) kelompok umur muda, (50%) kelompok umur tua, (87%) tingkat pendidikan tinggi, (13%) tingkat pendidikan rendah, (75%) masa kerja baru, (25%) masa kerja lama, (25%) risiko rendah, (50%) risiko sedang, (25% ) risiko tinggi. Berdasarkan kejadian yang ditemukan di lapangan sebaiknya seluruh pekerja grading dapat memperbaiki postur kerja saat bekerja agar mengurangi risiko ergonomi. Serta dapat menerapkan posisi kerja yang baik sesuai dengan aplikasi ergonomi seperti, kerja berdiri dan berjalan secara bergantian, menggunakan alat bantu agar mengurangi aktivitas membungkuk untuk mengambil dan memindahkan barang.
Kata Kunci: Risiko, Ergonomi, Postur kerja Kepustakaan: 30 (2000-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Amalia Azizah - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
09/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail