GAMBARAN KUALITAS AIR PDAM KOTABARU

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN KUALITAS AIR PDAM KOTABARU

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah

MUHAMMAD ARTA RAMADHAN
GAMBARAN KUALITAS AIR PDAM KOTABARU
(Dr. Abdul Khair, S.KM., M.Si dan Ir. Sulaiman Hamzani, S.T., M.T.)
xvi + 34 Halaman; 4 Tabel ; 1 Gambar ; 7 Lampiran

Air mempunyai peranan besar dalam penularan beberapa penyakit menular, maka kualitas air harus memenuhi persyaratan kualitas dan kuantitas. Dari survei yang telah dilakukan pada perusahaan PDAM di wilayah Kotabaru diperoleh informasi bahwa banyak di rumah-rumah penduduk mengalami kekeruhan saat pemakaian air tersebut yang akan berdampak pada kesehatan penduduk. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kualitas air baku dan sistem penyediaan air di wilayah Kotabaru berdasarkan parameter kekeruhan, pH dan MPN Coliform.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan desain penelitian bersifat observasional. Sampel penelitian yaitu air baku PDAM, air PDAM setelah proses pengolahan atau air siap subsidi (reservoir) dan air PDAM yang didistribusikan ke masyarakat dengan jarak 100 m dan 2 km di wilayah Kotabaru. Data diperoleh dari pemeriksaan kualitas air kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif kemudian dibandingkan dengan Permenkes RI No. 32 Tahun 2017.
Berdasarkan hasil pengukuran kualitas air dan sistem penyediaan air di wilayah Kotabaru yaitu pada air baku PDAM didapatkan hasil kekeruhan 5,5, pH 7,79 dan MPN Coliform 73, pada air reservoir didapatkan hasil kekeruhan 3,5, pH 7,64 dan MPN Coliform 182,5, pada air pelanggan I dengan jarak 100 m didapatkan hasil kekeruhan 2,95, pH 7,67 dan MPN Coliform 189,5, dan pada air pelanggan II dengan jarak 2 km didapatkan hasil kekeruhan 3,5, pH 7,87 dan MPN Coliform 173. Dari semua hasil tersebut, pada parameter MPN Coliform belum memenuhi syarat.
Upaya yang dapat dilakukan yaitu melakukan tindak lanjut terhadap hasil parameter MPN Coliform yang belum memenuhi standar kesehatan untuk kualitas air PDAM dengan melakukan penambahan kaporit harus sesuai agar dapat mematikan bakteri coli dan kuman pathogen lainnya.

Kata kunci : Kualitas Air, PDAM
Kepustakaan : 17 (1990-2017)


Detail Information

Item Type
Penulis
MUHAMMAD ARTA RAMADHAN - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
47/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail