GAMBARAN KUALITAS AIR KOLAM RENANG ZOO PARK DI KABUPATEN BARITO KUALA

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN KUALITAS AIR KOLAM RENANG ZOO PARK DI KABUPATEN BARITO KUALA

XML

ABSTRAK

Karya Tulis Ilmiah

DEWI AGUSTIANA
GAMBARAN KUALITAS AIR KOLAM RENANG ZOO PARK
DI KABUPATEN BARITO KUALA
(Syarifudin A,.S. KM, M.S., Ir. Sulaiman Hamzani, ST., MT.)
xiv + 90 halaman + 7 tabel + 2 gambar + 10 lampiran

Kolam Renang Zoo Park merupakan satu-satunya kolam renang yang terletak di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Pada survei pendahuluan yang dilakukan ada beberapa pengunjung sering mengalami mata perih, merah dan kulit gatal-gatal sesaat setelah berenang di kolam renang serta jumlah pengunjung yang banyak dan kolam renang yang rentan kecil. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas air pada Kolam Renang Zoo Park Di Kabupaten Barito Kuala berdasarkan jumlah perenang.
Jenis penelitian bersifat deskriptif. Metode yang digunakan adalah Grab Sampling. Pengambilan sampel air di kolam renang pada hari jum’at dan minggu dengan masing-masing titik dilakukan sebanyak 2 kali. Variabel yang digunakan meliputi pH,sisa klor,E.coli,dan jumlah perenang.
Hasil Pemeriksaan kualitas pH hari pertama didapatkan hasil 6,8 sedangkan hari kedua didapatkan hasil 7,8. Kualitas sisa klor pada hari pertama didapatkan hasil 0,29 mg/l sedangkan hari kedua didapatkan hasil 0,43 mg/l. hari pertama didapatkan hasil 0 CFU/100 ml sedangkan hari kedua didapatkan hasil 0 CFU/100 ml. Sedangkan jumlah perenang di dapatkan rerata 10 orang perenang selama 2 hari pada kolam zoo park.
Untuk pihak kolam renang zoo park karyawan yang bertugas dapat meningkatkan pengawasan dan meningkatan dosis kaporit setiap minggu agar tidak ada bakteri yang berkembang.

Kata Kunci : Air, Kolam renang. Kualitas,
Kepustakaan : 26 (1994-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
DEWI AGUSTIANA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
22/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail