SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH PADA PDU (PUSAT DAUR ULANG) LOKTABAT UTARA KOTA BANJARBARU TAHUN 2023

Detail Cantuman

CD-ROM

SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH PADA PDU (PUSAT DAUR ULANG) LOKTABAT UTARA KOTA BANJARBARU TAHUN 2023

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah

HARTINA
SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH PADA PDU (PUSAT DAUR ULANG) LOKTABAT UTARA KOTA BANJARBARU
TAHUN 2023
(Syarifudin A, S.KM., M.S, Zulfikar Ali As, S.KM, M.T)
Xv+ 74 halaman + 2 tabel + 2 gambar + 12 lampiran

PDU Loktabat Utara berdiri sejak tahun 2019 yang berada di Jl. Pondok Mangga RT. 19 RW. 08, Kelurahan Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara dan bersebelahan pasar Pondok Mangga. PDU Loktabat Utara melayani pengolahan sampah dari satu kecamatan yaitu Banjarbaru Utara. Kapasitas penampung sampah yang disediakan berjumlah 8 container dengan kapasitas masing-masing 2 ton. Berat sampah yang masuk ke PDU rata-rata 2 ton perhari. Sampah dikelompokkan menjadi sampah anorganik, sampah organik, dan bahan beracun berbahaya.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistem pengelolaan sampah di PDU Loktabat Utara Kabupaten banjarbaru utara yang terdiri dari input, proses, dan output. Jenis penelitian ini bersifat deskrptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat gambaran atau deskripsi suatu keadaan secara objektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDU Loktabat Utara Kabupaten Banjarbaru Utara mengelola sampah organik menjadi kompos dan sampah anorgnik dikemas dan dijual ke pengepul. Secara umum dana, SDM, tenaga operasional, sarana dan prasarana, volume sampah, sistem operasional, kompos yang dihasilkan, nilai jual kompos dan SOP sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru.
Upaya yang dapat dilakukan adalah untuk kiranya menambah sumber daya manusia untuk memaksimalkan pengelolaan sampah, membenahi peralatan untuk memaksimalkan pengelolaan sampah.
Kata kunci : Sampah, PDU, Sistem Pengelolaan PDU
Kepustakaan : 20 (2011-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
HARTINA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
30/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail