GAMBARAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS PADAT DI PUSKESMAS SUNGAI RAYA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2023

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS PADAT DI PUSKESMAS SUNGAI RAYA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2023

XML

ABSTRAK

KARYA TULIS ILMIAH

HALIDA FITRIANA
GAMBARAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS PADAT DI PUSKESMAS SUNGAI RAYA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2023
(Dr. H. M. Irfa’i, S.ST,M. T ; H. M Pahruddin S. KM.,KL)
(xv + 50 Halaman; 7 Tabel; 2 Gambar ; 8 Lampiran)

Puskesmas Sungai Raya merupakan salah satu puskesmas yang menyediakan pelayanan kesehatan untuk masyarakat sekitar yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Puskesmas ini setiap hari menghasilkan sampah medis yang harus dikelola dari banyaknya sampah medis menimbulkan penumpukan di gudang penampungan sementara, sehingga kondisi ini berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah medis padat di Puskesmas Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Metode penelitian ini bersifat deskriptif yaitu tahapan dan kapastitas pengelolaan sampah medis diperoleh melalui observasi kepada pihak puskesmas. Sampel adalah seluruh populasi yang hendak di teliti dan mewakili karakteristik populasi. Dengan jumlah sampah diambil pada semua ruangan yang menghasilkan sampah medis.
Jumlah sampah medis selama 1 minggu adalah 8,94 kg dengan rata-rata timbulan sampah medis adalah 1,27 kg per hari. Keterbatasan anggaran untuk pengiriman ke pihak ketiga menyebabkan penumpukan sampah medis ditempat penampungan sementara. Dengan nilai pengumpulan dan pemilahan 100%, penampungan 85,71%, dan pengangkutan 60% yang menunjukan pada pemilahan, penampungan pengangkutan sudah baik.
Disarankan agar pihak puskesmas lebih meningkatkan penanganan proses pengelolaan sampah medis baik didalam gedung maupun diluar gedung. Melakukan penimbangan serta membuat catatan sampah medis setiap hari, Melengkapi fasilitas untuk pengelolaan sampah medis.


Kata Kunci : Pengelolaan Sampah, Sampah Medis, Puskesmas
Kepustakaan : 22 (2007-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
HALIDA FITRIANA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
29/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail