GAMBARAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS E.COLI AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MURUNG PUDAK

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS E.COLI AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MURUNG PUDAK

XML

ABSTARAK
Karya Tulis Ilmiyah

MUHAMMAD ARSYAD
GAMBARAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS E.COLI AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MURUNG PUDAK
(Syarifudin A., S.KM, M.S. : Sulaiman Hamzani, ST. M.T)
(43 Halaman : 12 Tabel : 2 Gambar : 9 Lampiran)
Kualitas bakteriologis pada DAMIU di wilayah puskesmas murung pudak terdapat bakteri E.Coli setelah di lakukan pemeriksaan . Dalam observasi higeine sanitasi tempat DAMIU untuk perawatan tabung UV yang tidak dilakukan secara berkala. Sedangkan penjamah tidak memakai pakaian kerja dan tidak mencuci tangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bakteriologis air minum isi ulang di wilayah kerja puskesmas murung pudak berdasarkan persyaratan mikrobiologi sesuai Permenkes RI No 492/Menkes/IV/2010.
Metode penelitian secara deskriptif dengan mengukur kualitas bakteriologis sesuai dengan permenkes Permenkes RI No. 492 Tahun 2010 dan Permenkes RI No. 43 tahun 2014 tentang Hygiene Sanitasi Depot. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh DAMIU yang berjumlah 25 tempat di wilayah kerja puskesmas murung pudak dengan sampel yang diambil 3 DAMIU.
Angka bakteri E.coli pada DAMIU sesudah dilakukan pengolahan didapatkan hasil dari 3 DAMIU, pada DAMIU A dilakukan pemeriksaan terdapat MPN Coliform 5/100 ml sampel. Sedangkan DAMIU B dan C MPN Coliform 0/100 yang artinya memenuhi syarat sesuai dengan Permenkes RI No 492 tahun 2010. Inspeksi higeine sanitasi bahwa pada 3 DAMIU yaitu mencapai 67 atau lebih, maka dinyatakan memenuhi syarat. Higeine penjamah pada 3 DAMIU tidak memenuhi syarat sesuai Permenkes RI No 43 tahun .2014 yaitu tidak mencapai 15 atau dinyatakan tidak memenuhi kelaiakan fisik. Permenkes RI No 43 tahun .2014
Saran bagi pemilik/penjamah DAMIU harus mencuci tangan sebelum melakukan pengolahan dengan menggunakan pakaian kerja supaya terhindar dari bakteri.

Kata Kunci : E.Coli, Damiu, Higiene, Penjamah
Kepustakaan : 15 (2004 – 2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
MUHAMMAD ARSYAD - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
50/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail