KUALITAS AIR LIMBAH PASAR TAPANDANG BERSERI PELAIHARI

Detail Cantuman

CD-ROM

KUALITAS AIR LIMBAH PASAR TAPANDANG BERSERI PELAIHARI

XML

ABSTRAK

Karya Tulis Ilmiah

AMELIA ROSIDAWATI
KUALITAS AIR LIMBAH PASAR TAPANDANG BERSERI PELAIHARI
(Arifin, S.KM., M.Kes., Dr. Junaidi, S.KM, M.S.)
XIV+ 47 Halaman; 7 Tabel ; 4 Gambar ; 20 Lampiran

Pasar Tapandang Berseri merupakan salah satu tempat kegiatan manusia yang menghasilkan air limbah. Sumber air limbah pasar berasal dari kegiatan jual beli ikan, penggilingan kelapa serta arena kuliner. Apabila air limbah terus-menerus dibuang ke lingkungan dan tidak ditangani dengan tepat, maka dapat berdampak buruk untuk lingkungan. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas air limbah Pasar Tapandang Berseri Pelaihari.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Metode yang digunakan adalah Composite Sampling dengan mengambil sampel pada satu titik outlet menuju sungai dengan 4 kali waktu pengambilan yang berbeda. Variabel yang digunakan yaitu debit, suhu, TSS, pH dan BOD.
Hasil pemeriksaan kualitas air limbah parameter suhu didapatkan rata-rata hasil hari pertama 28,75 oC dan hari kedua 28,4 oC. Kualitas air limbah parameter TSS pada hari pertama yaitu 48 mg/l dan hari kedua 44 mg/l. Kualitas air limbah parameter pH didapatkan rata-rata hari pertama 7,32 dan hari kedua yaitu 7,9. Kualitas air limbah parameter BOD pada didapatkan rata-rata hasil hari pertama 42,28 dan hari kedua 38,48 mg/l.
Saran yang diberikan dengan membuat jadwal rutin dalam membersihkan saluran air limbah, serta membuat grease trap dan bak sedimentasi.

Kata Kunci : Air limbah, Pasar, Kualitas
Kepustakaan : 35 (2000 – 2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
AMELIA ROSIDAWATI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
14/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail