FAKTOR FISIK DAN KELUHAN SUBJEKTIF PADA PEKERJA PT. WIYASA SEJAHTERA KABUPATEN BANJAR

Detail Cantuman

CD-ROM

FAKTOR FISIK DAN KELUHAN SUBJEKTIF PADA PEKERJA PT. WIYASA SEJAHTERA KABUPATEN BANJAR

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah Minawarah
FAKTOR FISIK DAN KELUHAN SUBJEKTIF
PADA PEKERJA PT. WIYASA SEJAHTERA KABUPATEN BANJAR
(Arifin, S.KM, M.Kes; H. M. Pahruddin, S.KM, M.KL) xiv + 70 halaman; 4 tabel; 10 gambar; 14 lampiran
Lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan sehat sangat dibutuhkan oleh pekerja untuk bekerja secara optimal. PT. Wiyasa Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi yang berada di Jalan Layap Baru, Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor fisik dan keluhan subjektif pada pekerja perusahaan jasa konstruksi PT. Wiyasa Sejahtera Kabupaten Banjar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian observasional. Variabel penelitian ini yaitu intensitas kebisingan, intensitas pencahayaan, iklim kerja dan keluhan subjektif pekerja. Sampel mencakup lingkungan kerja bagian produksi dan seluruh pekerja bagian produksi. Pengukuran intensitas kebisingan menggunakan alat sound level meter, intensitas pencahayaan menggunakan lux meter, iklim kerja menggunakan heatstress meter dan keluhan subjektif menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan intensitas kebisingan di bagian produksi tidak memenuhi syarat karena lebih dari 85 dBA. Intensitas pencahayaan di bagian produksi dikatakan memenuhi syarat karena NAB untuk pekerjaan mesin yang teliti adalah 300 lux. Iklim kerja di bagian produksi dikatakan memenuhi syarat karena kurang dari 28,0°C.
Upaya yang dapat dilakukan seperti isolasi terhadap sumber bising dan melakukan perawatan mesin berkala untuk kelancaran proses produksi dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja, melakukan pengendalian administratif yaitu dengan mengatur shift kerja serta menyediakan APD.
Kata kunci : Intensitas, Kebisingan, Pencahayaan, Iklim Kerja, Keluhan Subjektif, Pekerja
Kepustakaan : 15 (2014-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Minawarah - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
47/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail