GAMBARAN PERILAKU PETANI SAWIT PADA SAAT PERACIKAN DAN PENYEMPROTAN PESTISIDA DI DESA TANJUNG HABULU KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN PERILAKU PETANI SAWIT PADA SAAT PERACIKAN DAN PENYEMPROTAN PESTISIDA DI DESA TANJUNG HABULU KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah

MILA DUWI MAULINA
“GAMBARAN PERILAKU PETANI SAWIT PADA SAAT PERACIKAN DAN PENYEMPROTAN PESTISIDA DI DESA TANJUNG HABULU KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT”
(Dr. Tien Zubaidah, S.KM.,M.KL dan Arifin, S.KM., M.Kes)
XIV + 56 Halaman : 12 Tabel : 5 Gambar : 16 Lampiran

Pestisida adalah zat kimia yang digunakan untuk mengurangi atau memusnahkan hama. Perilaku petani sawit dalam penggunaan APD pada saat peracikan dan penyemprotan pestisida sangat penting. Penentuan dosis pestisida yang terlalu tinggi memungkinkan terjadinya pemaparan yang lebih kuat dan mengakibatkan sisa – sisa pestisida dilingkungan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku yang mencakup pengetahuan, sikap dan tindakan petani sawit pada saat peracikan dan penyemprotan pestisida di Desa Tanjung Habulu Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain penelitian observasional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 34 petani sawit dengan variabel adalah pengetahuan, sikap dan tindakan. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi yang diolah dengan kategori item penilaian dan disajikan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan petani sawit pada saat peracikan dan penyemprotan pestisida dalam kategori kurang baik sebanyak 18 responden yaitu 52,9 %, sikap petani sawit dalam kategori kurang baik sebanyak 21 responden yaitu 61,8% dan petani sawit melakukan tindakan tidak sesuai sebanyak 27 responden yaitu 79,4%.
Upaya yang dapat dilakukan yaitu lebih memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan pestisida, meningkatkan pengetahuan mengenai penanganan kaleng bekas kemasan pestisida dengan tepat dan mencuci pakaian kerja setelah melakukan peracikan dan penyemprotan pestisida.


Kata kunci : Perilaku, Peracikan, Penyemprotan, Pestisida, Petani Sawit
Kepustakaan : 45 (2008 – 2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
MILA DUWI MAULINA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
46/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail