HIGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUNTOK KABUPATEN BARITO SELATAN TAHUN 2023

Detail Cantuman

CD-ROM

HIGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUNTOK KABUPATEN BARITO SELATAN TAHUN 2023

XML

ABSTRAK

KARYA TULIS ILMIAH
INTAN ROSITA DEWI
HIGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUNTOK KABUPATEN BARITO SELATAN TAHUN 2023
(Rahmawati, S.KM, M.Kes dan Erminawati, S.Pd, M.Pd.)
xiv + 71 Halaman ; 19 Tabel ; 6 Gambar ; 12 Lampiran

Wilayah kerja Puskesmas Buntok memiliki 14 DAMIU yang sertifikat laik higienenya telah habis masa berlaku dan 16 DAMIU tidak memiliki sertifikat laik higiene yang jumlah ketidakpemilikannya lebih besar dari 3 puskesmas lainnya. Jika tidak dilakukan pengawasan terhadap DAMIU maka akan berdampak pada kesehatan masyarakat yang mengonsumsi air minum produksi DAMIU.
Tujuan penelitian ini mengetahui higiene sanitasi depot air minum isi ulang di wilayah kerja Puskesmas Buntok yang meliputi aspek tempat, penjamah, peralatan dan sumber air baku.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel yang digunakan berjumlah 27 sampel DAMIU.
Hasil penelitian variabel aspek tempat dengan skor penilaian berkisar antara 66% - 97% dengan kategori risiko rendah dan sedang. Aspek penjamah dengan skor penilaian berkisar antara 63% - 100% dengan kategori risiko rendah dan sedang. Aspek peralatan dengan skor penilaian berkisar antara 71% - 100% dengan kategori risiko rendah dan sedang. Aspek sumber air baku pada semua DAMIU dengan skor penilaian 100% dengan kategori risiko rendah.
Pemilik DAMIU di wilayah kerja Puskesmas Buntok diharapkan untuk melakukan modifikasi bangunan agar terhindar dari banjir, debu dan binatang pembawa penyakit, menyediakan wastafel yang dilengkapi petunjuk cuci tangan, sabun cair, air mengalir, pengering tangan, berbahan kuat dan mudah dibersihkan. Pemilik DAMIU diharapkan menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan melakukan perbaikan atau pergantian terhadap fasilitas yang rusak seperti sikat galon dan pintu pada bagian pengisian.

Kata Kunci : Higiene, Sanitasi, Depot Air Minum Isi Ulang
Kepustakaan : 21 (2002 - 2023)


Detail Information

Item Type
Penulis
Rahmawati, S.KM, M.Kes - Personal Name
Erminawati,S.Pd, M.Pd - Personal Name
INTAN ROSITA DEWI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
33/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail