KUANTITAS DAN KUALITAS EFFLUENT INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) DI PUSKESMAS SUNGAI BESAR

Detail Cantuman

CD-ROM

KUANTITAS DAN KUALITAS EFFLUENT INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) DI PUSKESMAS SUNGAI BESAR

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
NINA AGUSTINA
KUANTITAS DAN KUALITAS EFFLUENT INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) DI PUSKESMAS SUNGAI BESAR
(Dr. H. M. Irfa’I, S.ST., MT, Syarifudin A., SKM, M.S)
xiv + 59 halaman + 8 tabel + 10 gambar + 19 lampiran

Puskesmas menghasilkan air limbah domestik yang bersifat infeksius. Limbah yang dikeluarkan dari fasilitas pelayanan kesehatan dapat menjadi media penyebaran penyakit bagi petugas, pasien maupun masyarakat apabila limbah tidak dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengolahan air limbah, kuantitas air limbah, kualitas effluent air limbah, dan dimensi IPAL Puskesmas Sungai Besar.
Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan desain penelitian observasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh air limbah yang masuk ke dalam IPAL dan sampel pada penelitian ini adalah Sebagian effluent air limbah yang telah melalui proses pengolahan pada IPAL yang banyaknya disesuaikan dengan kebutuhan dengan metode pengambilan sampel yaitu grab sample. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 3 kali pada hari yang berbeda.
Proses pengolahan dimulai dari anaerobic equalization, unit bioreactor tank, clarifier pump, carbon filter, kolam indikator dan penampungan akhir. Kualitas pada effluent rata-rata BOD air limbah 12,5 mg/L, rata-rata NH3 air limbah 0,59 mg/L, pH rata-rata 8 dan Suhu rata-rata 34,9ᵒC. Semua parameter telah memenuhi persyaratan baku mutu Permen-LH No. 5 Tahun 2014.
Upaya yang dapat dilakukan adalah memperbaiki flowmeter pada IPAL agar mengetahui debit limbah harian. Pada kolam indikator ditambahkan ikan yang biasa hidup di air bersih. Perlu dilakukan pemantauan secara periodik terhadap IPAL agar selalu beroperasi secara benar.

Kata kunci : Puskesmas, Air Limbah, IPAL, kualitas effluent
Kepustakaan : 32 (2007-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
NIna Agustina - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
71/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail