GAMBARAN PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DI PUSKESMAS BABIRIK KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DI PUSKESMAS BABIRIK KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
RINA
GAMBARAN PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DIPUSKESMAS BABIRIK KECAMATAN BABIRIK KAB.HSU
(Dr. H. M. Irfa’i, S.ST, MT dan H. M.Pahruddin S. KM., M.KL)
X + 44 Halaman : 4 Tabel + 7 Gambar + 9 Lampiran

Berbagai jenis limbah medis yang dihasilkan dari kegiatan pelayanan kesehatan dapat membahayakan dan menimbulkan gangguan kesehatan terutama pada saat pengumpulan, pemilahan, penampungan, penyimpanan, pengangkutan, dan pemusnahan. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Babirik Kecamatan Babirik Kab.HSU. Tujuan dari peneliatian ini untuk mengetahui gambaran pengelolaan limbah medis padat di Puskesmas Babirik.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian berupa seluruh limbah medis padat yang ada di Puskesmas Babirik. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan wawancara. Hasil observasi kemudian di sajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, dan dibandingkan dengan Permenkes RI No. 18 Tahun 2020 tentang pengelolaan limbah medis fasilitas pelayanan kesehatan.
Hasil penelitian pengelolaan limbah medis padat di Puskesmas Babirik menunjukan nilai rata-rata 3,95 Kg/hari dengan nilai rata-rata 27,7 Kg/1 minggu meliputi proses pewadahan dengan hasil 75% dikategorikan baik, pemilahan dengan nilai 80%, pengemasan dengan nilai 60% yang masih kurang baik, pengangkutan dengan hasil 60% yang masih kurang baik, dan pemusnahan dilakukan oleh pihak ke 3.
Disarankan untuk meningkatkan penanganan pada proses pengangkutan, tenaga kerja pada pelayanan puskesmas patuh untuk membuang limbah medis padat pada tempat yang sudah disediakan, menyediakan timbangan khusus untuk limbah medis padat, melakukan penimbangan serta membuat pencatatan setiap hari, meletakkan limbah medis pada kemasan yang aman serta diberi label,dan melengkapi fasilitas keamanan pada bangunan penampungan limbah medis padat.

Kata Kunci : Pengelolaan, Limbah Medis Padat, Puskesmas
Kepustakaan : 23 (2009-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
RINA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
79/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail