KUALITAS AIR SUMUR GALI DI DESA MANDINGIN DITINJAU DARI PARAMETER TOTAL COLIFORM KECAMATAN BARABAI

Detail Cantuman

CD-ROM

KUALITAS AIR SUMUR GALI DI DESA MANDINGIN DITINJAU DARI PARAMETER TOTAL COLIFORM KECAMATAN BARABAI

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
ARIF RAHMAN
KUALITAS AIR SUMUR GALI DI DESA MANDINGIN DITINJAU DARI PARAMETER TOTAL COLIFORM KECAMATAN BARABAI
(Syarifudin A., S.KM, M.S dan Zulfikar Ali As, S.KM, M.T)
xiv + 44 halaman + 8 tabel + 2 gambar + 15 lampiran

Desa Mandingin Kecamatan Barabai menjadi desa dengan kasus tertinggi diare ke-2 di wilayah kerja Puskesmas Barabai berjumlah 38 kasus diare. Masyarakat Desa Mandingin menggunakan air sumur gali untuk kebutuhan sehari-hari dengan jumlah sumur 24 buah dengan bantuan mesin pompa. Secara konstruksi ketinggian bibir sumur gali kurang dari 80 cm, sumur tidak memiliki lantai, sumur gali tidak memiliki saluran pembuangan air limbah, dan jarak sumur gali dengan sumber pencemar kurang dari 11 meter.Oleh karena itu risiko pencemaran yang tinggi dapat menurunkan kualitas bakteriologis air (Total Coliform). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air sumur gali di Desa Mandingin ditinjau dari Parameter Total Coliform Kecamatan Barabai.
Jenis penelitian ini bersifat deskriftif dengan desain penelitian yang digunakan observasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh sumur gali yang berjumlah 24 buah sedangkan sampel inspeksi berjumlah 3 sampel dan pengambilan air sumur gali berjumlah 12 sampel air sumur yang diambil selama 2 hari. Hasil inspeksi sanitasi terhadap 3 sumur gali didapatkan 2 buah sumur gali dengan tingkat risiko tinggi dan 1 buah sumur gali dengan tingkat risiko amat tinggi. Hasil pemeriksaan kualitas bakteriologis air sumur gali 12 sampel air yang diambil semuanya tidak memenuhi persyaratan Permenkes Nomor 2 Tahun 2023 tentang Kesehatan Lingkungan terkait Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi yaitu melebihi batas maksimum 0 CFU/100 ml, dimana hasil pemeriksaan Total Coliform 76,3 – 80 CFU/100 ml.
Disarankan agar masyarakat melakukan perbaikan sarana air sumur gali, memperhatikan sumur yang letaknya dekat dengan sumber pencemar dan melakukan pengolahan air sebelum dipergunakan untuk keperluan rumah tangga atau dikonsumsi.

Kata kunci : Sumur Gali, Konstruksi, Kualitas Bakteriologis Air
Kepustakaan : 36 (2008-2023)


Detail Information

Item Type
Penulis
Arif Rahman - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
12/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail