PENGELOLAAN SAMPAH TPS 3R DI WILAYAH KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Detail Cantuman

CD-ROM

PENGELOLAAN SAMPAH TPS 3R DI WILAYAH KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
ADI DARMA WIJAYA
PENGELOLAAN SAMPAH TPS 3R DI WILAYAH KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
(Dr. H. M. Irfa’I, S.ST, MT; H. Muhammad Pahruddin, S.KM, M.KL) (XVII + 95 Halaman; 28 Tabel; 38 Gambar: 6 Lampiran)
Kabupaten Hulu Sungai Selatan setiap tahunnnya mengalami pertumbuhan jumlah penduduk yang mempengaruhi jumlah timbulan sampah. Jumlah timbulan sampah yang bertambah setiap tahunnya mempengaruhi umur daya tampung TPA. Keberadaan TPS 3R untuk mengurangi jumlah sampah yang diangkut ke TPA. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengelolaan sampah TPS 3R di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Jenis penelitian ini adalah deskriftif dengan populasi penelitain 5 TPS 3R di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur dan observasi.
Diperoleh rata-rata timbulan sampah adalah 3.722,97 kg/hari. Rata-rata komposisi Sampah adalah organik (11,86%), anorganik (0,59%) dan residu (87,55%). Pembiayaan dikelola DISPERA KPLH dan KSM. SDM sebanyak 42 petugas. Sarana dan prasarana hanya 77,31% yang tersedia. Tidak ada SOP teknis pelaksanaan pengelolaan sampah. Pewadahan sampah didominasi kantong plastik. Pengumpulan sampah dilakukan oleh petugas TPS 3R masyarakat. Pemilahan sampah dilakukan oleh petugas TPS 3R. Pengolahan sampah 3R difokuskan untuk sampah organik. Sampah residu yang diangkut ke TPA mencapai 1.664.980 kg. TPS 3R memproduksi pupuk kompos, maggot kering, cocopeat, cocofiber, kayu bakar, serbuk kayu, larutan MOL dan sampah pilah layak jual.
Untuk mengoptimalkan fungsi TPS 3R disarankan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemilahan dan pengelolaan sampah dari sumbernya.
Kata kunci : Pengelolaan Sampah, Tempat Pengolahan
Sampah (TPS) 3R Kepustakaan : 20 (2002-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
ADI DARMA WIJAYA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
03/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail