SANITASI PONDOK PESANTREN DARUL ILMI PUTRA DI LIANG ANGGANG BANJARBARU TAHUN 2023

Detail Cantuman

CD-ROM

SANITASI PONDOK PESANTREN DARUL ILMI PUTRA DI LIANG ANGGANG BANJARBARU TAHUN 2023

XML

ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah

ABDULLAH
SANITASI PONDOK PESANTREN DARUL ILMI PUTRA DI LIANG ANGGANG BANJARBARU TAHUN 2023
ֱ(Dr. Tien Zubaidah, S.KM, M.KL dan H. Imam Santoso, S.KM, M.Kes)

Perilaku hidup bersih dan sehat terutama sanitasi lingkungan di pondok pesantren pada umumnya kurang mendapatkan perhatian dari para santri, sebagian pesantren tumbuh dalam kehidupan yang kumuh, lingkungan yang lembab, dan sanitasi yang buruk. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui nilai sanitasi umum, konstruksi, ruang tidur, persyaratan kesehatan fasilitas sanitasi, dan persyaratan pengolahan makanan/minuman di pondok pesantren Darul Ilmi.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain penelitian observasional. Dengan jumlah sampel 10 ruang asrama, 10 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 ruang uks, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang ibadah, dan 1 ruang kerja yang mewakili keseluruhan keadaan ruang bangunan. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara observasi menggunakan formulir inspeksi pemeriksaan sanitasi kesehatan lingkungan pondok pesantren dan pengukuran menggunakan alat ukur roll meter, thermometer, lux meter dan PH meter untuk ngukur kualitas air.
Hasil pengukuran dan penilaian sanitasi pada pondok pesantren ini yaitu memperoleh nilai 4.762 poin (82%) dari total 5.760 poin. Penilaian ini masih kurang 998 poin (18%), item yang tidak memenuhi syarat ada pada beberapa ruang kelas, ruang asarama, ventilasi, pencahayaan, dan persyaratan pengolahan makan/minum.
Disarankan kepada pihak pimpinan dan segenap jajaran pengurus Pondok Pesantren Darul Ilmi lebih memperhatikan kebersihan, kerapian, pembinaan lingkungan, dan konstruksi ruang bangunan para santri putra agar dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
KATA KUNCI : Inspeksi Sanitasi, Pondok Pesantren, Liang Anggang Banjarbaru


Detail Information

Item Type
Penulis
ABDULLAH - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
01/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail