TINGKAT KEPADATAN JENTIK Aedes aegypti DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI BESAR TAHUN 2023

Detail Cantuman

CD-ROM

TINGKAT KEPADATAN JENTIK Aedes aegypti DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI BESAR TAHUN 2023

XML

ABSTRAK

Karya Tulis ILmiah

ARRY WAHIDIN RAMBANG
TINGKAT KEPADATAN JENTIK Aedes aegypti DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI BESAR TAHUN 2023
(Dr. Isnawati, S.KM, M.Kes dan Dr. Tien Zubaidah , S.KM, M.KL) xiv + 36 halaman, 6 tabel, 5 gambar, 7 lampiran

Sungai Besar adalah salah satu wilayah kelurahan yang terdapat di Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Kota Banjarbaru memiliki Angka Bebas Jentik (ABJ) yang belum memenuhi ambang batas di ≥ 95 persen. Wilayah Kelurahan Sungai Besar adalah wilayah dengan Angka Bebas Jentik (ABJ) yang tinggi dan tidak memenuhi standar baku mutu pada tahun 2019 dan 2020 yaitu 94,65 persen dan 91,32 persen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepadatan jentik Aedes aegypti di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Besar.
Jenis penelitian ini bersifat deskriftif, penelitian ini memiliki desain penelitian observasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 rumah di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Besar. Variabel pada penelitian ini diukur melalui oberservasi dan kuisioner, variabel antara lain adalah House Index (HI), Container Index (CI), Bruteau Index (BI), Density Figure (DF), dan Angka Bebas Jentik (ABJ).
Hasil penelitian ini menunjukan angka kepadatan jentik Aedes aegypti yang tinggi, Hasil Index jentik antara lain House Index (HI) 48 persen, Container Index (CI) 29 persen, Bruteau Index (BI) 97 persen, dan Density Figure (DF) 7, hasil tersebut masih tidak memenuhi baku mutu menurut peraturan WHO. Angka Bebas Jentik (ABJ) 52 persen juga belum memenuhi Permenkes No. 50 Tahun 2017. .
Diharapkan upaya pengendalian jentik di lingkungan masyarakat perlu ditingkatkan mengingat masih tingginya angka kepadatan jentik di wilayah ini. Upaya pengendalian jentik antara lain mengajak masyarakat aktif dalam berkolaborasi dengan pihak Puskesmas dalam upaya pengendalian jentik nyamuk.

Kata Kunci : House Index, Container Index, Breteau Index, Density Figure
Kepustakaan: 47 (2003-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
13/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail