GAMBARAN JAMBAN KELUARGA DI KELURAHAN KERATON KECAMATAN MARTAPURA

Detail Cantuman

CD-ROM

GAMBARAN JAMBAN KELUARGA DI KELURAHAN KERATON KECAMATAN MARTAPURA

XML

ABSTRAK
KARYA TULIS ILMIAH
TASYA AYUNI
GAMBARAN JAMBAN KELUARGA DI KELURAHAN KERATON KECAMATAN MARTAPURA
(Arifin, S.KM., M.Kes dan Zulfikar Ali As, S.KM., M.T.)
XV+ 55 halaman, 8 tabel, 7 gambar, 18 lampiran
Sebagian besar permukiman di Kelurahan Keraton berada di dataran rendah (daerah rawa). Meskipun semua rumah mempunyai jamban keluarga, namun risiko pencemaran terhadap lingkungan tetap tinggi. Karena penampungan kotoran yang terendam dan konstruksi yang tidak memenuhi syarat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis, konstruksi, dan lokasi jamban keluarga yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat.
Jenis penelitian adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 97 rumah dari 3.838 KK atau 46 RT. Dengan permukiman yang terbagi 2, yaitu rawa dan daratan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jenis jamban yang digunakan mayoritas masyarakat adalah jamban leher angsa. Untuk Kualitas jamban keluarga pada permukiman rawa seluruh rumah atau 32 rumah tidak memuhi syarat. Sedangkan pada permukiman daratan ada 10 memenuhi syarat dan ada 55 rumah yang tidak memenuhi syarat. Kebanyakan jamban yang tidak layak adalah dari masyarakat yang berstatus ekonomi rendah. Dampak jamban yang tidak memenuhi syarat dapat berpengaruh pada kesehatan.
Dalam mengatasi masalah diatas perlu dilakukan berbagai upaya diantaranya masukan dari Puskesmas khususnya petugas sanitarian dalam bentuk penyuluhan jamban yang layak digunakan kepada masyarakat. Serta dapat menjadi sarana atau perantara untuk membantu memfasilitasi kepada masyarakat yang berstatus ekonomi rendah untuk mendapatkan jamban yang layak.

Kata Kunci : Jamban, Jenis, Konstruksi, dan Lokasi
Kepustakaan : 16 (2013-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
Zulfikar Ali As, S.KM., M.T - Personal Name
Arifin, S.KM., M.Kes - Personal Name
TASYA AYUNI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
88/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail