Gambaran Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Pamalongan Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut

Detail Cantuman

Gambaran Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Pamalongan Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut

XML

ABSTRAK

Karya Tulis Ilmiah
SITI PARIDA IRMAWATI
GAMBARAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI DESA PAMALONGAN KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT
(Dr. H. M. Irfa’i, S.ST, M.T ; H. M. Pahruddin, S.KM, M.KL)
XIII + 52 Halaman; 8 Tabel; 2 Gambar; 10 Lampiran

Permasalahan sampah merupakan hal yang sering yang dihadapi oleh masyarakat terutama di kawasan pedesaan. Demikian pula dengan Desa Pamalongan Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut, agar sampah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan, maka harus dilakukan pengelolaan sampah terutama sampah rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pengelolaan sampah rumah tangga di Desa Pamalongan Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif, desian penelitian ini adalah observasional yaitu dengan melakukan pengukuran dan wawancara menggunakan kuesioner. Variabel penelitian ini yaitu timbulan sampah, komposisi sampah dan pengelolaan sampah. Penentuan sampel menggunakan metode system random sample yaitu 86 rumah dipilih secara acak dan data yang didapat dianalisa secara deskriptif kemudian disajikan dalam bentuk tulisan dan tabel.
Berdasarkan hasil penelitian, berat sampah total 625,6 Kg dengan volume 2927,1 Liter, dengan timbulan sampah 0,26 Kg/Orang/Hari atau 1,22 Liter/Orang/Hari. Komposisi sampah terdiri dari bahan organik 53,50 %, Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) 20,12 dan bahan anorganik 26,37% yang terdiri dari plastik 15,4%, botol 8% dan kertas 3%. Pengelolaan sampah di Desa Pamalongan 49% masyarakat memiliki pewadahan sampah, 14% masyarakat melakukan pemilahan sampah dan 0% masyarakat melakukan pengolahan sampah.
Disarankan kepada semua pihak agar lebih meningkatkan kesadaran dan kepedulian dalam pengelolaan sampah. Adanya pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan bentuk sosialisasi dan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pengelolaan sampah. Bekerjasama dengan pihak terkait untuk menyediakan fasilitas pembuangan sampah yang layak.


Kata Kunci : Pengelolaan, Sampah Rumah Tangga, Timbulan Sam


Detail Information

Item Type
Penulis
SITI PARIDA IRMAWATI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
86/KL/2023
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail