HUBUNGAN MOTIVASI DIRI, DUKUNGAN KELUARGA DAN LAMA MENDERITA DENGAN KEPATUHAN DIET PENYAKIT JANTUNG KORONER (STUDI PADA PASIEN RAWAT JALAN DI POLI JANTUNG RSUD ULIN KOTA BANJARMASIN TAHUN 2021)

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN MOTIVASI DIRI, DUKUNGAN KELUARGA DAN LAMA MENDERITA DENGAN KEPATUHAN DIET PENYAKIT JANTUNG KORONER (STUDI PADA PASIEN RAWAT JALAN DI POLI JANTUNG RSUD ULIN KOTA BANJARMASIN TAHUN 2021)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI GIZI DAN DIETETIKA
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2021
ABSTRAK
Skripsi
HUMAIRA A’YUNINA HUBUNGAN MOTIVASI DIRI, DUKUNGAN KELUARGA DAN LAMA MENDERITA DENGAN KEPATUHAN DIET PENYAKIT JANTUNG KORONER (STUDI PADA PASIEN RAWAT JALAN DI POLI JANTUNG RSUD ULIN KOTA BANJARMASIN TAHUN 2021)
(Dr. H. Mahpolah., M.Kes)
ix + 171 halaman + 27 tabel + 2 gambar + 17 lampiran
Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan suatu penyakit kardiovaskuler yang meningkatkan angka kematian di dunia maupun Indonesia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung koroner antara lain hipertensi, hyperlipidemia, obesitas, merokok dan diabetes melitus. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018 ada 3008 kasus penyakit jantung koroner di Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan motivasi diri, dukungan keluarga, dan lama menderita dengan kepatuhan diet penderita penyakit jantung koroner rawat jalan di poli jantung RSUD Ulin Kota Banjarmasin.
Jenis penelitian ini adalah observasional analitik menggunakan rancangan Cross Sectional. Populasi adalah seluruh penderita penyakit jantung koroner rawat jalan di Poliklinik Jantung RSUD Ulin Banjarmasin berjumlah 351 orang. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling berjumlah 41 orang. Cara pengumpulan data dengan teknik wawancara dengan kuesioner. Analisis data dengan uji korelasi Rank Spearman pada CI= 95% (α = 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan motivasi diri kurang baik 61%, keluarga yang tidak mendukung 56,1%, lama menderita kategori pendek 63,4% dan penderita tidak patuh terhadap diet 78%. Ada hubungan bermakna antara motivasi diri dengan kepatuhan diet penyakit jantung koroner dengan nilai (p = 0,001), ada hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet penyakit jantung koroner dengan nilai (p = 0,025), dan ada hubungan bermakna antara lama menderita dengan kepatuhan diet penyakit jantung koroner dengan nilai (p = 0,003). Disarankan kepada penderita, diharapkan dapat mematuhi aturan diet dan pola makan yang benar sesuai yang dianjurkan dan keluarga dapat memberikan dukungan yang baik.
Kata Kunci : Motivasi, Dukungan, Lama Menderita dan Kepatuhan
Kepustakaan : 77 (2002-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
HUMAIRA A’YUNINA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
616
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail