GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN POLA KONSUMSI PADA IBU HAMIL KURANG ENERGI KRONIS (KEK) (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Beruntung Baru Kabupaten Banjar)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN POLA KONSUMSI PADA IBU HAMIL KURANG ENERGI KRONIS (KEK) (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Beruntung Baru Kabupaten Banjar)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM DIPLOMA III
JURUSAN GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
PUTRI ARDIATI PURNAMA
GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN POLA KONSUMSI PADA IBU HAMIL KURANG ENERGI KRONIS (KEK)
(Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Beruntung Baru Kabupaten Banjar)
(NURHAMIDI SKM, M.Kes)
I + 67 halaman + 10 tabel + 2 gambar + 8 lampiran
Kekurangan Energi Kronis (KEK) merupakan salah satu permasalahan gizi yang di alami ibu hamil. Kekurangan Energi Kronis (KEK) ditandai dengan lingkar lengan atas ibu hamil kurang dari 23,5 cm. Berdasarkan data Dinas kesehatan Kabupaten Banjar tahun 2020, Puskesmas Beruntung Baru memiliki angka prevalensi ibu hamil KEK tertinggi 21,59%. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan pola konsumsi pada ibu hamil KEK di Wilayah Kerja Puskesmas Beruntung Baru Kabupaten Banjar.
Jenis penelitian adalah observasional deskriptif pada bulan januari sampai april 2022. Teknik sampling berupa total sampling sehingga objek yang diteliti adalah semua ibu hamil KEK berjumlah 17 orang. Variabel penelitian adalah tingkat pengetahuan dan pola konsumsi ibu hamil KEK. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan kuesioner. Data di analisis dengan menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil KEK paling banyak adalah kategori kurang (52,94%) dan pola konsumsi ibu hamil KEK paling banyak adalah kategori kurang (64,70%).
Diharapkan peningkatan upaya promosi kesehatan melalui komunikasi, informasi dan edukasi gizi untuk meningkatkan pembekalan pengetahuan dan penyebarluasan informasi kesehatan gizi ibu hamil serta faktor-faktor yang berhubungan dengan Kekurangan Energi Kronis (KEK). Bagi ibu hamil hendaknya memperhatikan pola konsumsi pada saat masa kehamilan dan meningkatkan pengetahuan tentang gizi melalui keaktifan mengikuti penyuluhan dan menghadiri kelas ibu hamil serta rutin nya memeriksakan kehamilan ke pelayanan kesehatan.
Kata kunci : Ibu hamil KEK, Pengetahuan Ibu, Pola Konsumsi
Kepustakaan : 65 (2002-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
PUTRI ARDIATI PURNAMA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail