GAMBARAN POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
NUR SILMA ALFAFA
“GAMBARAN POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU”
(Ir. Hj. Ermina Syainah., Mp)
Penyakit tidak menular yang menjadi urutas teratas dalam pemicu kematian disebut juga dengan ‘’Silent Killer’’ adalah hipertensi. Data Dinas Kesehatan kota Banjarbaru pada tahun 2020 menyatakan bahwa penyakit hipertensi menduduki urutan pertama di Kota Banjarbaru dengan prevalensi 25,19%. Hipertensi adalah tekanan darah di dalam pembuluh-pembuluh darah sangat tinggi yang merupakan pengangkut darah dari jantung yang memompa darah keseluruh jaringan dan organ-organ tubuh (Anggraini, 2009). Pemicu penyakit satu ini adalah pola makan dan aktivitas fisik yang kurang dipahami oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola makan dan aktivitas fisik pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru.
Jenis penelitian ini bersifat observasional. Rancangan penelitian dengan survei deskriftif. Populasi yaitu semua penderita hipertensi yang ada di wilayah kerja Puskemas Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru. Sampel yaitu penderita hipertensi di bulan Maret tahun 2022 sebanyak 57 orang dengan cara Accidental Sampling. Variabel yang diteliti pola makan dan aktivitas fisik. Cara pengumpulan data yaitu dengan cara kuesioner dan wawancara. Analisis data dengan analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin perempuan (52,63%) usia >46 tahun (87,71%), pekerjaan sebagai IRT (43,85%), pendidikan SMA/sederajat sebanyak (56,14%) dan tekanan darah tingkat 2 (59,64%), responden dengan pola makan kurang (71,92%), dan responden dengan aktivitas fisik ringan ada (75,73%).
Saran agar responden menerapkan pola makan yang baik, sebaiknya dalam sehari makan selalu mengkonsumsi sayur sebanyak 250 gram (setara dengan 2 porsi) dan konsumsi buah sebanyak 150 gram (setara dengan 3 buah pisang ambon), diharapkan responden selalu menyempatkan untuk melakukan olahraga secara rutin dan istirahat yang cukup dan juga rutin memeriksakan diri ke puskesmas.
Kata kunci : Hipertensi, Pola Makan, Aktivitas Fisik
Kepustakaan : 45 buah


Detail Information

Item Type
Penulis
NUR SILMA ALFAFA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail