GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH DAN KEJADIAN ANEMIA IBU HAMIL (STUDI DI WILAYAH PUSKESMAS MALINAU KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2022

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH DAN KEJADIAN ANEMIA IBU HAMIL (STUDI DI WILAYAH PUSKESMAS MALINAU KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2022

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
NOOR MAULIDA
“GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH DAN KEJADIAN ANEMIA IBU HAMIL (STUDI DI WILAYAH PUSKESMAS MALINAU KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2022)”
(Dr. H. Mahpolah, M.Kes)
xiii + 85 halaman + 12 tabel + 2 gambar + 10 lampiran
Kejadian anemia pada ibu hamil merupakan masalah yang perlu diperhatikan agar dapat ditangani, menurut Riskesdas (2020) Cakupan pemberian tablet tambah darah (TTD) pada ibu hamil di Indonesia tahun 2019 adalah 64,0%. Angka ini belum mencapai target Rensta diIndonesia pada tahun 2019 yaitu 98%. Cakupan pemberian TTD pada ibu hamil tahun 2019 di kalimantan selatan sebesar 81,8%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, tindakan konsumsi tablet tambah darah dan kejadian anemia ibu hamil.
Jenis penelitian bersifat observasional menggunakan rancangan penelitian deskriptif, populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil berjumlah 36 orang dan sampel di ambil secara purposive sampling sebanyak 29. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan, sikap, tindakan konsumsi TTD dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan kejadian anemia dilakukan dengan pengukuran kadar hemoglobin metode biosensor menggunakan Easytouch GCHb. Analisis menggunakan analisis univariat untuk mendeskripsikan variabel.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa 72,4% ibu hamil berusia 20-35 tahun, yang mempunyai anak 82,8% ≤2 anak, usia kehamilan 44,8% pada trimester III, 31% mengalami anemia, 41,4% berpendidikan SD/Sederajat, 82,8% bekerja sebagai IRT, 55,2% pengetahuan baik, 79,3% sikap kurang dan 65,5% tindakan terkait konsumsi TTD sudah baik.
Dari penelitian ini Diharapkan ibu hamil pengetahuan yang kurang dapat di atasi dengan ibu mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan, sikap yang kurang dapat di atasi dengan cara ibu mencari informasi dari petugas kesehatan dan tindakan yang kurang ibu bisa lebih rutin lagi memeriksakan kehamilannya agar petugas kesehatan dapat memantau kesehatan ibu selama hamil.
Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Tablet Tambah Darah
Kepustakaan : 66 buah (2000-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
NOOR MAULIDA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail