GAMBARAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG, STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR REMAJA DI SMK DARUSSALAM MARTAPURA

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG, STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR REMAJA DI SMK DARUSSALAM MARTAPURA

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
MAULIATIKA PRATIWI
GAMBARAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG, STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR REMAJA DI SMK DARUSSALAM MARTAPURA (Dr. Meilla Dwi Andrestian, SP., M.Si)
vii + 60 halaman + 16 tabel + 2 gambar + 10 lampiran
Status gizi pada remaja berdasarkan Profil Kesehatan Kabupaten Banjar tahun 2018, ditemukan permasalahan status gizi sangat kurus dan kurus pada remaja umur 16-18 tahun sebesar 12,3% dan remaja gemuk dan obesitas sebesar 14,23%. Sementara data tinggi badan dan berat badan remaja yang didapat dari UKS SMK Darussalam Martapura didapat angka prevalensi status gizi sangat kurus dan kurus sebesar 37,28% dan gemuk dan obesitas 43,63%. Masalah ini dapat terjadi karena kurangnya pengetahuan gizi seimbang dan dapat mempengaruhi proses belajar dan dapat menyebabkan penurunan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan gizi seimbang, status gizi, dan prestasi belajar remaja di SMK Darussalam Martapura.
Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan survei deskriptif. Penelitian dilakukan bulan Januari-April 2022. Sampel dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X dan XI di SMK Darussalam Martapura dengan jumlah sampel 51 siswa dengan teknik systematic random sampling. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengetahuan gizi seimbang, status gizi, dan prestasi belajar. Cara pengumpulan data dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan gizi seimabang dalam kategori baik sebanyak 5 orang (9,8%), cukup sebesar 28 orang (54,9%), dan kurang sebesar 18 orang (35,3%), status gizi dalam kategori kurus tingkat berat sebesar 5 orang (9,8%), kurus tingkat ringan sebesar 15 orang (29,4%), normal sebesar 24 orang (47,1%), gemuk sebesar 3 orang (5,9%), dan obesitas sebesai 4 orang (7,8%), dan prestasi belajar dalam kategori baik sebanyak 18 orang (35,3%), cukup sebesar 31 orang (60,8%), dan kurang sebesar 2 orang (3,9%).
Perlu adanya integrasi materi gizi seimbang dalam mata pelajaran agar dapat meningkatkan pengetahuan siswa terhadap gizi seimbang yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya gizi seimbang.
Kata Kunci : Pengetahuan Gizi Seimbang; Status Gizi; Prestasi Belajar
Kepustakaan : 46 (2005 – 2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
MAULIATIKA PRATIWI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail