GAMBARAN POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA YANG KURANG GIZI DI SMA NEGERI 1 KANDANGAN

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA YANG KURANG GIZI DI SMA NEGERI 1 KANDANGAN

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
KHUSNUL KHATIMAH
GAMBARAN POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA YANG KURANG GIZI DI SMA NEGERI 1 KANDANGAN
(RUSMINI YANTI SKM., MS)
x + 81 halaman ; 15 tabel ; 2 gambar ; 13 lampiran
Kurang gizi pada remaja sering terjadi akibat dari pembatasan konsumsi makanan tanpa memperhatikan kandungan gizi dan kesehatan sehingga berdampak pada status gizi. Berdasarkan Riskesdas Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan prevalensi status gizi kurang yaitu 2,55% sangat kurus dan 13,95% kurus. Dari data UKS di SMA Negeri 1 Kandangan yang dihitung berdasarkan IMT prevalensi status gizi sangat kurus 15,26% dan kurus 11,93%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola makan dan aktivitas fisik pada remaja yang kurang gizi di SMA Negeri 1 Kandangan.
Jenis penelitian ini bersifat observasional deskriptif, dengan menggunakan rancangan survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kandangan kelas X dan XI yaitu remaja yang kurang gizi, yang diambil menggunakan cara undian. Cara pengumpulan data yaitu dengan wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja berusia 15 hingga 18 tahun. Remaja yang diteliti paling banyak berjenis kelamin perempuan yaitu sebesar 67,3%. Status gizi kurang paling banyak yaitu dengan kategori kurus sebesar 96,2%. Pola makan paling banyak yaitu dengan kategori kurang sebesar 59,6%. Aktivitas ringan paling banyak dilakukan remaja yaitu sebesar 40,4%.
Saran untuk remaja yang kurang gizi diharapkan lebih memperhatikan dan meningkatkan pola makan sehari-hari dengan nutrisi yang seimbang agar memenuhi kebutuhan tubuh serta menyeimbangkan dengan aktivitas fisik yang dilakukan. Pihak sekolah diharapkan dapat melakukan upaya edukasi serta penyuluhan gizi mengenai pola makan yang sehat dan seimbang sesuai isi piringku dan edukasi mengenai aktivitas fisik yang baik.
Kata Kunci : Pola Makan, Aktivitas Fisik, Kurang Gizi
Kepustakaan : 81 (2005-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
KHUSNUL KHATIMAH - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : .,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail