GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, UMUR, PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA MAKAN IBU HAMIL KURANG ENERGI KRONIS (KEK) (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAMBAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, UMUR, PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA MAKAN IBU HAMIL KURANG ENERGI KRONIS (KEK) (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAMBAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
JURUSAN GIZI
2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
HASNA AMIMA
GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, UMUR, PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA MAKAN IBU HAMIL KURANG ENERGI KRONIS (KEK) (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAMBAN
KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN)
(Sajiman, SKM., M. Gizi)
Viii + 64 halaman + 10 tabel + 2 gambar+ 13 lampiran
Kekurangan energi kronis (KEK) merupakan kondisi yang disebabkan karena adanya ketidakseimbangan asupan gizi, sehingga zat gizi yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi. Data kunjungan di Puskesmas Bamban Kabupaten Hulu Sungai Selatan persentase ibu hamil mengalami KEK sebesar 22,72%. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, umur, pendapatan keluarga, dan pola makan ibu hamil KEK (studi di wilayah kerja Puskesmas Bamban Kabupaten Hulu Sungai Selatan).
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan rancangan survei. Populasi adalah semua ibu hamil KEK di wilayah kerja Puskesmas Bamban dengan sampel adalah total sampling yaitu 26 orang. Variabel yang diteliti yaitu tingkat pengetahuan, umur, pendapatan keluarga, dan pola makan ibu hamil KEK dikumpulkan menggunakan FFQ dengan cara wawancara menggunakan kuesioner. Analisa yang dilakukan menggunakan analisa univariat.
Tingkat pengetahuan ibu hamil KEK berpengetahuan kurang yaitu 10 orang (38,46%). Umur ibu hamil yang berisiko KEK yaitu 5 orang (19,23%), pendapatan keluarga ibu hamil kurang yaitu 19 orang (73,08%), dan pola makan ibu hamil KEK kurang yaitu 14 orang (53,85%). Saran kepada ibu hamil KEK untuk menambah wawasan informasi atau pengetahuan tentang kesehatan terutama terkait masalah kesehatan kehamilannya dan masalah gizi tentang KEK dan meningkatkan pola makan seperti sumber karbohidrat dan sayuran.
Kata kunci : Ibu Hamil, KEK, Pengetahuan, Umur, Pendapatan, Pola Makan
Kepustakaan : 65 buah (2012-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
HASNA AMIMA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail