GAMBARAN PENCEGAHAN KEKAMBUHAN DAN GAYA HIDUP PADA PENDERITA HIPERTENSI (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMBAT UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN PENCEGAHAN KEKAMBUHAN DAN GAYA HIDUP PADA PENDERITA HIPERTENSI (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMBAT UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
DHEA ASHFIA
"GAMBARAN PENCEGAHAN KEKAMBUHAN DAN GAYA HIDUP PADA PENDERITA HIPERTENSI (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMBAT UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)"
(Nurhamidi, SKM., M.Kes)
viii + 76 halaman ; 7 Tabel ; 2 Gambar ; 10 Lampiran
Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler, yang ditandai dengan adanya peningkatan tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar ≥90 mmHg. Hipertensi tertinggi ada di Kalimantan Selatan, yang tertinggi ada pada Kabupaten Hulu Sungai Tengah (51,99%) (Kemenkes RI, 2018). Hipertensi di Puskesmas Kambat Utara pada tahun 2019 sebesar 50,0% pada tahun 2020 dari bulan Januari sampai Juni (22,1%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pencegahan kekambuhan dan gaya hidup pada penderita hipertensi.
Jenis penelitian bersifat observasional. Rancangan penelitian dengan survei deskriptif. Populasi yaitu semua dewasa dengan hipertensi di rentang usia 20-59 tahun yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kambat Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Sampel yaitu responden dewasa yang menderita Hipertensi pada bulan Maret 2022 dengan cara Accidental Sampling. Variabel yang diteliti pencegahan kekambuhan dan gaya hidup. Cara pengumpulan data dengan wawancara menggunakan alat bantu kuisioner. Analisis data menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 94% responden berusia di rentang 40-59 tahun, 46% sebagai petani, 40% pendidikan SD, 70% tinggi badan responden di rentang 151-160 cm, 50% berat badan responden di rentang 41-59 kg, dan 64% tekanan darah responden di rentang tingkatan kedua. 52% responden dengan pencegahan kekambuhan cukup dan 86% gaya hidup responden baik.
Hendaknya responden dapat menerapkan pola makan yang baik, mengurangi makanan yang berlemak dan tinggi garam, serta melakukan olahraga ringan secara rutin dan cukup istirahat.
Kata kunci : Hipertensi, Pencegahan Kekambuhan, Gaya Hidup
Kepustakaan : 42 (2002-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
DHEA ASHFIA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail