GAMBARAN POLA KONSUMSI SERAT, NATRIUM, AKTIVITAS FISIK, DAN STATUS GIZI PADA WANITA PENDERITA HIPERTENSI (STUDI DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS MARTAPURA 2 KABUPATEN BANJAR)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN POLA KONSUMSI SERAT, NATRIUM, AKTIVITAS FISIK, DAN STATUS GIZI PADA WANITA PENDERITA HIPERTENSI (STUDI DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS MARTAPURA 2 KABUPATEN BANJAR)

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
RIZKA CAHAYA FAJRIANTI
“GAMBARAN POLA KONSUMSI SERAT, NATRIUM, AKTIVITAS FISIK, DAN STATUS GIZI PADA WANITA PENDERITA HIPERTENSI (STUDI DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS MARTAPURA 2 KABUPATEN BANJAR)”
(HJ. APRIANTI, S.PD., M.PD)
Viii + 124 halaman; 16 Tabel; 2 Gambar; 15 Lampiran
Hipertensi merupakan masalah kesehatan global dan tertinggi berada di Kalimantan Selatan 44,13% (Riskesdas, 2018). Salah satunya yaitu Kabupaten Banjar di UPT Puskesmas Maratpura 2.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran asupan serat, natrium, aktivitas fisik dan status gizi pada wanita penderita hipertensi.
Jenis penelitian bersifat observasional. Rancangan penelitian dengan survei deskriptif. Populasi yaitu wanita dengan hipertensi diusia 20-60 tahun yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Martapura 2. Sampel yaitu responden wanita yang menderita Hipertensi pada bulan Januari-Maret 2022 dengan cara proportionet stratified random sampling. Variabel yang diteliti asupan serat, natrium, aktivitas fisik dan status gizi . Cara pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan univariat.
Hasil penelitian menunjukan penderita hipertensi (84,7%) berusia 41-60 tahun, (76,2%) sebagai IRT, rata-rata tinggi badan responden 140-150 cm (62,7%), rata-rata berat badan responden 41-59 kg (59,3%), sebanyak (40,7%) tekanan darah responden tahap 1, asupan serat kurang (69,49%), asupan natrium lebih (52,5%), aktivitas fisik ringan (59,3%) dan status gizi obesitas (32,2%).
Diharapkan responden menerapkan gaya hidup yang baik, meningkatkan asupan serat, aktivitas fisik, mengurangi asupan tinggi natrium, dan makan yang berlemak tinggi.
Kata Kunci : Hipertensi, Asupan Serat, Natrium, Aktivitas Fisik, Status Gizi
Kepustakaan : 69 (2004-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
RIZKA CAHAYA FAJRIANTI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail