GAMBARAN KEBIASAAN JAJAN, KONTRIBUSI GIZI SARAPAN, DAN STATUS GIZI MURID SMPN 5 HULU SUNGAI TENGAH

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN KEBIASAAN JAJAN, KONTRIBUSI GIZI SARAPAN, DAN STATUS GIZI MURID SMPN 5 HULU SUNGAI TENGAH

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
JURUSAN GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
RAHMAWATI
GAMBARAN KEBIASAAN JAJAN, KONTRIBUSI GIZI SARAPAN, DAN STATUS GIZI MURID SMPN 5 HULU SUNGAI TENGAH
(Dr. Meilla Dwi Andrestian, SP., M. Si)
iii + 73 Halaman + 12 Tabel + 2 Gambar + 6 Lampiran
Persentase murid yang mengalami status gizi kurus di SMPN 5 Hulu Sungai Tengah tahun 2021 adalah 64% dan status gizi lebih 11%. Terdapat masalah gizi kurus dan lebih pada murid SMPN 5 Hulu Sungai Tengah dan beberapa variabel diduga menjadi faktor penyebabnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana gambaran kebiasaan jajan, kontribusi gizi sarapan, dan status gizi. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kebiasaan jajan, kontribusi gizi sarapan, dan status gizi pada murid SMPN 5 Hulu Sungai Tengah.
Jenis penelitian adalah observasi deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 60 murid SMPN 5 Hulu Sungai Tengah diambil dengan cara systematic random sampling. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-April 2022. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kebiasaan jajan, kontribusi gizi sarapan, dan status gizi. Cara pengumpulan data untuk variabel kebiasaan jajan dan kontribusi gizi sarapan dengan teknik wawancara dengan cara menggunakan kuisioner, sedangkan untuk variabel status gizi menggunakan timbangan injak dan mikrotoise. Analisis data menggunakan analisis univariat ditampilkan dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan 6,7% murid berstatus gizi sangat kurus, 18,3% murid berstatus gizi kurus, 10% murid berstatus gizi gemuk, 75% murid kebiasaan jajannya tidak baik, 68,3% murid kontribusi gizi sarapannya tidak baik, 16,7% murid status gizi kurus yang memilik kebiasaan jajan tidak baik, dan 11,7% murid status gizi kurus memiliki kebiasaan sarapan pagi baik. Disarankan kepada responden untuk mengetahui jajanan sehat, sarapan pagi yang lengkap kandungan gizinya, serta diadakan pendidikan gizi maupun edukasi untuk memantau status gizinya dan kebiasaan konsumsi makanan pada anak usia sekolah.
Kata Kunci : Kebiasaan jajan, kontribusi gizi sarapan, dan status gizi.
Kepustakaan : 50 buah (2008-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Rahmawati - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail