GAMBARAN KONSUMSI IKAN ASIN, TINGKAT PENGETAHUAN DAN AKTIVITAS FISIK PADA PENDERITA HIPERTENSI (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Awang Besar Kabupaten Hulu Sungai Tengah)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN KONSUMSI IKAN ASIN, TINGKAT PENGETAHUAN DAN AKTIVITAS FISIK PADA PENDERITA HIPERTENSI (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Awang Besar Kabupaten Hulu Sungai Tengah)

XML

KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
JURUSAN GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
RAHMATUL JANNAH
“GAMBARAN KONSUMSI IKAN ASIN, TINGKAT PENGETAHUAN DAN AKTIVITAS FISIK PADA PENDERITA HIPERTENSI (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Awang Besar Kabupaten Hulu Sungai Tengah)”
(H. Yasir Farhat, SKM., MPH)
xii + 68 halaman : 16 tabel : 2 gambar : 9 lampiran
Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik sekitar 140 mmHg atau tekanan diastolik sekitar 90 mmHg. Kalimantan Selatan merupakan peringkat pertama se Indonesia dengan kasus hipertensi terbanyak, pada Kabupaten Hulu Sungai Tengah 51,99%, diwilayah Puskesmas Awang Besar hipertensi kasus tertinggi nomer 1 setelah diabetes melitus dan kanker. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran konsumsi ikan asin, tingkat pengetahuan dan aktivitas fisik pada penderita hipertensi
Jenis penelitian bersifat observasional. Rancangan penelitian dengan survei deskriptif. Populasi yaitu penderita hipertensi pada bulan Maret berjumlah 75 orang di wilayah kerja Puskesmas Awang Besar Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Sampel yaitu penderita hipertensi pada bulan Maret 2022 berjumlah 75 orang dengan cara total sampling. Variabel yang diteliti konsumsi ikan asin, tingkat pengetahuan dan aktivitas fisik. Cara pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Analisi data menggunakan univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita hipertensi berusia di rentan 46-70 tahun 86.7%, jenis kelamin perempuan 81.3%, pekerjaan IRT 82.7%, pendidikan SD 56. Hipertensi stadium 1 70.7%, Konsumsi ikan asin sering 52% dengan pengetahuan kurang 49.3% dan tingkat aktivitas fisik ringan 64%.
Hendaknya mengurangi jumlah dan frekuensi makanan asin, sering datang ke Puskesmas atau Ponsbindu untuk mengikuti penyuluhan atau konseling serta meningkatkan aktivitas seperti olahraga.
Kata kunci : Hipertensi, Ikan Asin, Tingkat Pengetahuan, Aktivitas Fisik
Kepustakaan : 70 buah (2005-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
RAHMATUL JANNAH - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail