GAMBARAN ASUPAN MAKAN PAGI DAN KETERSEDIAAN PANGAN PADA STATUS GIZI MAHASISWA (STUDI DI POLTEKKES KEMENKES BANJARMASIN JURUSAN GIZI)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN ASUPAN MAKAN PAGI DAN KETERSEDIAAN PANGAN PADA STATUS GIZI MAHASISWA (STUDI DI POLTEKKES KEMENKES BANJARMASIN JURUSAN GIZI)

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
NURUL ISTIQAMAH
“GAMBARAN ASUPAN MAKAN PAGI DAN KETERSEDIAAN PANGAN PADA STATUS GIZI MAHASISWA (STUDI DI POLTEKKES KEMENKES BANJARMASIN JURUSAN GIZI)”
(Hj. Aprianti, S.Pd., M.Pd)
Vii + 90 Halaman; 13 Tabel; 2 Gambar; 8 Lampiran
Masalah gizi pada remaja di Indonesia masih menunjukkan masalah kesehatan masyarakat. Menurut Riskesdas 2018, pada Provinsi Kalimantan Selatan prevalensi status gizi remaja laki-laki yaitu kurus 22,56%, normal 60,81%, BB lebih 6,28% dan obesitas 10,36%. Sedangkan untuk perempuan yaitu kurus 18,33%, normal 62,2% BB lebih 11,5% dan obesitas 16,38%. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran asupan makan pagi dan ketersediaan pangan pada status gizi mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.
Jenis penilitian ini adalah observasi deskriptif dengan rancangan penelitian yang bersifat survey deskriftif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i Jurusan Gizi dari tingkat 1-3. Pengambilan sample dengan menggunakan stratifed random sampling yang berjumlah 75 responden dan bertempat di Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi. Variabel penelitian ini asupan makan pagi, ketersediaan pangan dan status gizi. Pengambilan data menggunakan metode recall dan kuesioner. Analisis data penelitian ini dilakukan secara komputerisasi melalui program SPSS dengan menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian, bahwa status gizi responden normal (88%). Asupan energi makanan pagi responden rata-rata kurang (68%), asupan protein responden rata-rata kurang (72%), asupan lemak responden rata-rata kurang (50,7%), asupan karbohidrat responden rata-rata kurang (80%). Ketersediaan pangan baik (65,3%). Disimpulkan bahwa mahasiswa berstatus gizi normal dan ketersediaan pangan baik. Sedangkan, rata-rata asupan energi, protein, lemak dan karbohidrat kurang. Saran mahasiswa agar menjaga dan meningkatkan kondisi tubuh dengan cara mengatur pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi sehingga memperoleh status gizi yang baik.
Kata kunci : asupan sarapan pagi, ketersediaan pangan, status gizi
Kepustakaan : 49 (2002-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
NURUL ISTIQAMAH - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail