GAMBARAN TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN, DAN PERSEPSI IBU PADA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Tamban)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN, DAN PERSEPSI IBU PADA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Tamban)

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
NURUL HIDAYAH
GAMBARAN TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN, DAN PERSEPSI IBU PADA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Tamban)
(Nurhamidi, SKM., M.Kes)
x + 75 halaman + 11 tabel + 4 gambar + 8 lampiran
Pemberian ASI Eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan merupakan salah satu upaya untuk pencegahan serta penanganan terkait masalah status gizi yang terjadi pada balita. Secara nasional cakupan bayi yang mendapatkan ASI Eksklusif pada tahun 2020 sebesar 66,06%, dari data Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan 2019, untuk Kabupaten Barito Kuala persentase pemberian ASI Eksklusif hanya sebesar 57%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pendidikan, pengetahuan, dan persepsi ibu pada pemberian ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Tamban.
Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari–Maret 2022. Sampel dari penelitian ini adalah sebagian ibu yang memiliki bayi usia 6-23 bulan dan diberikan ASI Eksklusif yang berada pada wilayah kerja Puskesmas Tamban dengan jumlah sampel 47 orang dengan teknik simple random sampling. Variabel yang digambarkan dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan ibu, pengetahuan ibu, persepsi ibu, dan pemberian ASI Eksklusif. Cara pengumpulan data primer adalah dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner, dan data sekunder dengan melihat data yang sudah ada di Puskesmas. Analisis data menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ASI Eksklusif hanya 38,1%, tingkat pendidikan ibu paling banyak dalam kategori dasar yaitu 57,6%, pengetahuan ibu paling banyak dalam kategori kurang yaitu 59,3%, dan persepsi ibu paling banyak dalam kategori cukup baik yaitu 39,8%.
Diharapkan kepada pihak Puskesmas agar dapat lebih intensif menggiatkan program konseling dan penyuluhan ASI Eksklusif pada masa awal kehamilan dan meningkatkan informasi pengetahuan ibu mengenai ASI Eksklusif dan faktor pendukungnya.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan; Pengetahuan; Persepsi; ASI Eksklusif
Kepustakaan : 55 (2005-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail