GAMBARAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA ASUH PADA BALITA STUNTING DI DESA KAYAKAH KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA ASUH PADA BALITA STUNTING DI DESA KAYAKAH KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

XML

POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
GIZI
2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
M. HAFIZ
“GAMBARAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA ASUH PADA BALITA STUNTING DI DESA KAYAKAH KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA”
(Fathurrahman, SKM., M.Kes)
ix + 59 halaman ; 11 Tabel ; 2 Gambar ; 10 Lampiran
Masalah gizi di Indonesia sangat marak, terutama masalah gizi pada anak usia 2-5 tahun yang akan berdampak pada sumber daya manusia (SDM). Salah satu masalah yang menarik perhatian yakni masalah anak pendek atau stunting. Menurut data Rekapitulasi Pemantauan Gizi (PSG) Balita Puskesmas di Amuntai Selatan pada 2021 Desa Kayakah menempati urutan pertama dengan prevalensi sebesar 29,76%. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pengetahuan ibu dan pola asuh pada balita stunting di Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Jenis penelitian ini bersifat observasional deskriptif di bidang gizi masyarakat dengan menggunakan rancangan penelitian survey deskriftif. Penelitian dilakukan di Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara.Sampel yaitu 22 ibu balita stunting di bulan April tahun 2022. Pada penelitian ini digunakan analisis Univariat yaitu mendiskripsikan data variabel Pengetahuan Ibu dan Pola Asuh.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan gizi ibu balita stunting di Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan pengetahuan ibu dalam kategori cukup sebanyak 9 orang (40,9%),dalam kategori baik sebanyak 6 orang (27,3%) dan dalam kategorikan kurang sebanyak 7 orang (31,8%). Sedangkan pola asuh ibu masuk dalam kategori sedang sebanyak 14 orang (63,6%), pola asuh ibu dalam kategori baik sebanyak 3 orang (13,6%) dan pola asuh ibu dalam kategori kurang sebanyak 5 orang (22,7%).
Saran diharapkan responden dapat meningkatkan upaya pencegahan stunting dengan cara memberikan makanan yang bergizi dan seimbang seperti memberikan sayur dan buah kepada anak dan lebih memperhatikan tumbuh kembang anak.
Kata Kunci : Stunting, Pengetahuan Ibu, Pola Asuh
Kepustakaan : 30 buah (2012-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
M. HAFIZ - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail