GAMBARAN UMUR, TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA MAKAN PADA IBU HAMIL KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) (DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG BATUNG TAHUN 2022)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN UMUR, TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA MAKAN PADA IBU HAMIL KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) (DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG BATUNG TAHUN 2022)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI 2022 ABSTRAK Tugas Akhir
LAILATIN NISHFI GAMBARAN UMUR, TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA MAKAN PADA IBU HAMIL KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) (DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG BATUNG TAHUN 2022) (Zulfiana Dewi, SKM., MP) viii + 110 halaman + 6 tabel + 10 lampiran
Kekurangan energi kronis adalah masalah gizi yang disebabkan karena kekurangan asupan makanan dalam waktu yang cukup lama. Kurangnya asupan energi yang berasal dari zat gizi makro maupun zat gizi mikro pada wanita usia subur mengakibatkan terjadinya KEK pada masa kehamilan, diawali dengan kejadian risiko KEK dan ditandai oleh rendahnya cadangan energi dalam jangka waktu cukup lama yang diukur dengan LILA. Jenis penelitian yang dilakukan observasi deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dalam waktu tertentu bertujuan mendeskripsikan dan menggambarkan suatu fenomena yang terjadi di masyarakat. Sampel yang digunakan total populasi seluruh ibu hamil yang menderita KEK di wilayah kerja Puskesmas Padang Batung dengan jumlah 12 orang. Variabel yang diteliti umur, tingkat pendapatan keluarga dan pola makan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu hamil KEK dengan umur tidak berisiko 20-35 tahun sebanyak 66,7%, tingkat pendapatan rendah sebanyak 58,3% dan pola makan rendah sebanyak 58,3%. Saran untuk ibu hamil diharapkan rutin berkunjung ketempat pelayanan kesehatan untuk memeriksa kehamilan dan menerima informasi untuk berupaya melakukan pencegahan terhadap faktor risiko terjadinya kekurangan energi kronis.
Kata Kunci : KEK, Umur, Tingkat Pendapatan Keluarga, Pola Makan Kepustakaan : 81 buah (2002-2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
LAILATIN NISHFI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail