GAMBARAN POLA MAKAN, STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi di SMA Negeri 1 Pulau Laut Barat)

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN POLA MAKAN, STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi di SMA Negeri 1 Pulau Laut Barat)

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
FEBY MARSELA
GAMBARAN POLA MAKAN, STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi di SMA Negeri 1 Pulau Laut Barat)
(Rusmini Yanti, SKM., M.Kes)
ix + 55 halaman + 12 tabel + 2 gambar + 8 lampiran
Status gizi pada remaja berdasarkan Riskesdas Kabupaten Kotabaru (2018), permasalahan status gizi kurus pada remaja umur 16-18 tahun sebesar 11,59% (3,09% sangat kurus dan 8,5% kurus). Sementara data tinggi badan dan berat badan remaja yang didapat dari UKS SMA Negeri 1 Pulau Laut Barat, dari 255 siswa kelas X dan XI didapat angka prevalensi status gizi kurus 22,7% (9% sangat kurus dan kurus 13,7%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola makan, status gizi dan prestasi belajar pada remaja di SMA Negeri 1 Pulau Laut Barat.
Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan survei deskriptif. Penelitian dilakukan bulan Januari-Maret 2022. Sampel dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Pulau Laut Barat dengan jumlah sampel 72 remaja dengan teknik stratified random sampling. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah pola makan, status gizi dan prestasi belajar. Cara pengumpulan data dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola makan terbanyak dalam kategori kurang yaitu sebanyak 44 responden (61,1%), status gizi terbanyak dalam kategori baik yaitu sebanyak 32 responden (44,4%) dan prestasi belajar terbanyak dalam kategori baik yaitu sebanyak 60 responden (83,3%).
Diharapkan kepada pihak sekolah agar diadakan penyuluhan gizi bagi siswa SMA Negeri 1Pulau Laut Barat melalui organisasi-organisasi sekolah yang lebih dekat dengan siswa itu sendiri dan harapannya penyampaian materi tentang gizi ini dapat disampaikan secara langsung maupun menggunakan media sosial yang sangat mudah diakses oleh siswa.
Kata Kunci : Pola Makan; Status Gizi; Prestasi Belajar
Kepustakaan : 73 (2012 – 2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
FEBY MARSELA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail