GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA ANAK USIA SEKOLAH (STUDI DI SDIT BABUL JANNAH KOTA BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN )

Detail Cantuman

Text

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA ANAK USIA SEKOLAH (STUDI DI SDIT BABUL JANNAH KOTA BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN )

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI DIPLOMA III
GIZI
TAHUN 2022
ABSTRAK
Tugas Akhir
FAHRIANA SAFITRI
“GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA ANAK USIA SEKOLAH (STUDI DI SDIT BABUL JANNAH KOTA BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN )”
(H. Yasir Farhat, SKM., MPH)
x + 82 halaman ;11 Tabel ; 3 Gambar ; 9 Lampiran
Proporsi penduduk anak usia ≥5 tahun kurang konsumsi buah dan sayur sebesar 95,4%. Provinsi Kalimantan selatan menduduki peringkat pertama yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur (98,1%). Dikota Banjarbaru penduduk umur ≥5 tahun sebagian besar hanya mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 0,61% yang mengkonsumsi sesuai anjuran. Di SDIT Babul Jannah konsumsi buah dan sayurnya rendah karena menurut keterangan catering anak-anak sering menyisakan bagian buah dan sayuran ditempat makannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan sikap tentang konsumsi buah dan sayur pada anak usia sekolah (Studi di SDIT Babul Jannah Kota Banjarbaru Klimantan Selatan). Jenis penelitian bersifat observasional. Rancangan penelitian dengan survei deskriptif. Populasi yaitu 67 siswa/siswi SDIT Babul Jannah. Pengambilan Sampel dengan cara teknik random sampling. Variabel yang diteliti pengetahuan, sikap, konsumsi buah, dan konsumsi sayur. Cara pengumpulan data dengan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 55,2% responden berjenis kelamin perempuan, 44,8% berjenis kelamin laki-laki, 95,5% dengan rentang usia 9-12 tahun, 73,2% responden berada dikelas tinggi, %. 83,6% anak berpengetahan baik, dan 4,5% berpengetahuan kurang, 92,5% sikap anak terhadap konsumsi buah dan sayur baik, dan 1,5% kurang, 61,2% anak kurang mengkonsumsi buah 56,7% anak tidak sering mengkonsumsi buah,65,7% anak kurang mengkonsumsi sayur 58,2% anak tidak sering mengkonsumsi buah. Hendaknya responden lebih lagi meningkatkan asupan buah dan sayurnya sehingga asupan buah dan sayur sesuai dengan anjuan serta hendaknya responden tidak menyukai sayur ataupun buah lebih membuka diri dan mencoba untuk membiasakan diri menkonsumsi buah dan sayur secara bertahap.
Kata kunci : pengetahuan, sikap, usia sekolah, konsumsi buah dan sayur
Kepustakaan : 41 (2001-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
FAHRIANA SAFITRI - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
614
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail