HUBUNGAN PEKERJAAN IBU, DUKUNGAN KELUARGA DAN DUKUNGAN TENAGA KESEHATAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 6-12 BULAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Guntung Manggis Kota Banjarbaru Tahun 2022)

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN PEKERJAAN IBU, DUKUNGAN KELUARGA DAN DUKUNGAN TENAGA KESEHATAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 6-12 BULAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Guntung Manggis Kota Banjarbaru Tahun 2022)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI GIZI DAN DIETETIKA
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Skripsi
MAULIDA
HUBUNGAN PEKERJAAN IBU, DUKUNGAN KELUARGA DAN DUKUNGAN TENAGA KESEHATAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GUNTUNG MANGGIS
(Nurhamidi, SKM, M.Kes)
ix + 96 halaman + 13 tabel + 3 gambar + 15 lampiran
ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selama 6 bulan, tanpa menambahkan/mengganti dengan makanan/minuman lain (kecuali obat, vitamin, mineral). Pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Guntung Manggis dalam kurun waktu 3 tahun terakhir yaitu sebesar sebesar 42,56% (2019), sebesar 62,88% (2020) dan sebesar 35,29% (2021). Berdasarkan data tersebut, dapat dilihat bahwa terjadi penurunan sebesar 27,59% pada tahun 2021. Selain itu, angka tersebut juga belum mencapai target ASI eksklusif di Puskesmas Guntung Manggis yaitu sebesar 65%.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional yaitu penelitian yang mempelajari korelasi antara variabel independen dengan variabel dependen, dengan pengumpulan data dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi usia 6-12 bulan di wilayah kerja Puskesmas Guntung Manggis sebanyak 51 orang. Sampel yang diteliti sebanyak 45 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling.
Hasil penelitian yaitu pemberian ASI eksklusif sebesar 33,3%. Ibu yang bekerja 55,6% dan tidak bekerja 44,4% saat bayi berusia 0-6 bulan. Ibu dengan dukungan keluarga kurang 64,4% dan baik 35,6%. Ibu dengan dukungan tenaga kesehatan kurang 64,4% dan baik 35,6%. Berdasarkan uji bivariat, ada hubungan pekerjaan ibu, dukungan keluarga dan dukungan tenaga kesehatan dengan pemberian ASI eksklusif.
Kata Kunci: ASI Eksklusif, Pekerjaan Ibu, Dukungan Keluarga, Dukungan
Tenaga Kesehatan
Kepustakaan: 81 (2005-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Maulida - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
612.664
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail