HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA KONSUMSI DENGAN KEJADIAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Birayang Kabupaten Hulu Sungai Tengah)

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA KONSUMSI DENGAN KEJADIAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Birayang Kabupaten Hulu Sungai Tengah)

XML

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI GIZI DAN DIETETIKA
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Skripsi
MAGFIRAH ANNISA RIFQA
HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, PENDAPATAN KELUARGA DAN POLA KONSUMSI DENGAN KEJADIAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BIRAYANG KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)
Nurhamidi, SKM., M.Kes
x + 106 halaman + 21 tabel + 3 gambar + 13 lampiran
Faktor tidak langsung yang berperan penting dalam komplikasi pada ibu hamil salah satunya adalah kekurangan energi kronis (KEK) yang disebabkan tidak tercukupinya asupan energi dan protein pada ibu hamil. Pada tahun 2020 jumlah kejadian KEK pada ibu hamil di Puskesmas Birayang mengalami peningkatan menjadi 14,56%. Kejadian KEK dapat terjadi karena pengetahuan mengenai gizi rendah, pendapatan keluarga rendah, pola konsumsi kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi, pendapatan keluarga dan pola konsumsi dengan kejadian kekurangan energi kronis (KEK) pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Birayang.
Jenis penelitian menggunakan observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi adalah seluruh ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Birayang dengan sampel penelitian sebanyak 48 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian yaitu pengetahuan gizi, pendapatan keluarga, pola konsumsi dan kejadian KEK pada ibu hamil. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan Uji Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan responden yang mengalami KEK yaitu sebesar 31,25% dan yang tidak mengalami KEK sebesar 68,75%. Responden berpengetahuan gizi baik sebanyak 66,7%, berpengetahuan gizi cukup 27,1% dan berpengetahuan gizi kurang 6,2%. Pendapatan keluarga kategori tinggi 29,2% dan kategori rendah 70,8%. Pola konsumsi dengan kategori baik sebanyak 45,8% dan kategori kurang 54,2%. Terdapat hubungan antara pengetahuan gizi, pendapatan keluarga dan pola konsumsi dengan kejadian KEK pada ibu hamil.
Diharapkan ibu hamil mengkonsumsi makanan menu seimbang sesuai dengan kebutuhan berbasis pangan lokal setempat. Serta hendaknya puskesmas melakukan penyuluhan ataupun konseling untuk peningkatan pengetahuan ibu hamil mengenai gizi tentang KEK.
Kata Kunci : Kekurangan Energi Kronis (KEK), Ibu Hamil, Pengetahuan,
Pendapatan, Pola Konsumsi
Kepustakaan : 66 buah (2005 – 2022)


Detail Information

Item Type
Penulis
MAGFIRAH ANNISA RIFQA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
618.3
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail