HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI IBU, KESUKAAN, KETERSEDIAAN SAYUR DAN BUAH, SERTA PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA ANAK (Studi di SDN Sungai Lulut 5 Banjarmasin)

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI IBU, KESUKAAN, KETERSEDIAAN SAYUR DAN BUAH, SERTA PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA ANAK (Studi di SDN Sungai Lulut 5 Banjarmasin)

XML

KEMENKES REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANJARMASIN
PROGRAM STUDI GIZI DAN DIETETIKA
PROGRAM SARJANA TERAPAN
TAHUN 2022
ABSTRAK
Skripsi
LUCKY AGUSTINA
HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI IBU, KESUKAAN, KETERSEDIAAN SAYUR DAN BUAH, SERTA PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA ANAK
(Studi di SDN Sungai Lulut 5 Banjarmasin)
(Ir. HJ. Ermina Syainah., MP)
XIII + 168 Halaman + 14 Tabel + 2 Gambar + 14 Lampiran
Mengonsumsi sayur dan buah merupakan salah satu syarat dalam memenuhi pesan gizi seimbang. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 untuk Provinsi Kalimantan Selatan kurang konsumsi sayur dan buah mencapai 98,2%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi ibu, kesukaan, ketersediaan dan pendapatan keluarga dengan konsumsi sayur dan buah pada anak SDN Sungai Lulut 5 Banjarmasin.
Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 4, 5 dan 6 di SDN Sungai Lulut 5 Banjarmasin sebanyak 102 siswa dengan jumlah sampel 56 orang yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian diambil menggunakan kuesioner dan formulir FFQ. Variabel yang diteliti dianalisis menggunakan uji Rank Spearman dengan tingkat kepercayaan α=0,05.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa responden konsumsi sayur dan buah tidak baik (69,6%), pengetahuan gizi ibu kurang (51,8%), kesukaan yang baik (50%), ketersediaan sayur dan buah yang tersedia (51,8%), dan pendapatan keluarga yang rendah (76,8%). Terdapat hubungan antara pengetahuan gizi ibu (p= 0,027), kesukaan (p= 0,043), ketersediaan (p= 0,000), dan pendapatan keluarga (p= 0,000) dengan konsumsi sayur dan buah.
Disarankan kepada pihak sekolah memberikan pendidikan gizi dalam kegiatan belajar mengajar dengan bentuk yang menarik bagi siswa. Kepada ibu disarankan untuk menyediakan dan memotivasi anak agar selalu mengonsumsi sayur dan buah setiap hari.
Kata Kunci : Pengetahuan Gizi Ibu; kesukaan; ketersediaan sayur dan buah; pendapatan keluarga; konsumsi sayur dan buah
Kepustakaan: 64 (2010-2020)


Detail Information

Item Type
Penulis
LUCKY AGUSTINA - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Gizi : Banjarbaru.,
Edisi
Subyek
No Panggil
642
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail